Career

Tip Mengatur Keuangan Saat Tinggal di Luar Negeri

  by: Redaksi       26/1/2015
  • Pindah dan bekerja ke luar negeri memang menjadi sebuah tantangan tersendiri. Tidak hanya menuntut Anda lebih mandiri tapi juga lihai dalam mengatur semua urusan keuangan. Terlebih karena mata uang Indonesia berbeda dengan mata uang negara tujuan, jadi Anda perlu usaha ekstra untuk mengatur pengeluaran. Berikut Cosmo berikan beberapa tip mengelola keuangan saat harus tinggal di luar negeri.


    Membuat Anggaran

    Mulailah membuat anggaran bulanan dengan merencanakan dan menyisihkan uang untuk biaya tak terduga. Pastikan juga uang yang Anda dapatkan cukup untuk sebulan ke depan. Karena Anda pasti akan mengalami kesulitan jika mengalami defisit.




    Polis Asuransi

    Jenis asuransi yang Anda miliki di negara asal kemungkinan besar tidak akan memberikan perlindungan saat Anda berada di luar negeri. Semuanya tergantung dari lama tinggal di negara asing tersebut. Tapi Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk memiliki polis asuransi kesehatan yang bisa melindungi selama Anda di sana.


    Mencatat Pengeluaran

    Karena tinggal sendiri di luar negeri, maka Anda harus lebih detail mencatat semua pengeluaran. Memang terdengar sepele tapi cara ini sangat membantu Anda menghitung dengan seksama jumlah pengeluaran riil Anda setiap bulannya. Untuk memudahkan, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh di ponsel untuk membantu mencatat pengeluaran setiap hari.




    Rekening Lokal

    Agar membantu Anda dalam membuat kartu kredit, mengambil gaji dan membayar semua tagihan sehari-hari saat berada di sana, Anda perlu membuat sebuah rekening lokal. Sebelumnya lakukan riset untuk menentukan bank yang sesuai dengan kebutuhan Anda ya.


    Mencoba Memasak

    Tinggal di luar negeri membutuhkan biaya hidup yang tidak sedikit. Nah, dengan memasak sendiri saat tinggal di luar negeri, Anda bisa menghemat pengeluaran. Tidak perlu bisa memasak layaknya professional chef, yang penting Anda tahu cara mengolah dan memasak makanan sederhana: Membuat salad atau soup, maybe? (Salli Sabarrang / IR / Image: dok. http://www.studyinsured.com)