Career

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Pemalas

  by: Adya Azka       27/1/2015
  • Memiliki rekan kerja pemalas memang menyebalkan. Saat Anda sedang serius bekerja dan hilir mudik ke sana ke mari untuk bertemu klien, ia justru memilih untuk bersantai di kantor. Hmm, bingung bagaimana cara menghadapinya agar tidak merugikan Anda? Simak tip Cosmo berikut!

    Ketahui Dampaknya
    Cari tahu seberapa jauh kerjasama Anda dengan rekan kerja tersebut. Jika memang Anda banyak melakukan kerja sama dengannya, pastikan seberapa besar dampak kemalasannya tersebut untuk hasil kerja Anda nantinya.

    Ingatkan Deadline dan Alur Kerja
    Agar pekerjaan bisa selesai dengan benar pada waktunya, jangan bosan untuk mengingatkan si pemalas akan deadline yang harus dipenuhi. Anda juga boleh membahas alur kerja sebuah proyek yang dikerjakan. Dengan begitu, ia tidak bisa mengelak lagi saat tugasnya belum selesai ketika tanggal deadline sudah tiba.



    Tetap Fokus
    Usahakan tetap fokus dengan hal-hal yang perlu Anda kerjakan. Jika ia selalu mengganggu waktu kerja Anda, coba untuk menanggapinya sebentar saja. Setelah itu, Anda bisa kembali fokus dengan tugas dan ia pun akan mengerti jika Anda tidak ingin diganggu.



    Jangan Terpengaruh
    Melihat ia yang terkesan santai saat orang lain sedang sibuk bekerja memang menggiurkan. Tapi, stop! Anda tidak boleh terpengaruh. Tak ada salahnya Anda menjaga jarak hingga pekerjaan Anda selesai. Sst, terlalu banyak menghabiskan waktu bersama mereka juga bisa memengaruhi motivasi kerja Anda lho.

    Jangan Terpancing Emosi
    Memiliki rekan kerja pemalas memang menyebalkan. Tapi, usahakan tetap tenang saat menghadapinya. Jika emosi Anda sampai terpancing karena ulahnya, selain hubungan kerja Anda dan dia yang kurang harmonis, kinerja Anda juga bisa terganggu. Kalau sudah begini, ruginya jadi terasa dua kali lipat, kan? (Adhia Azka/VP/Image: ivanov valeriy/iStock/thinkstock)