Better You

7 Fakta Mengenai Kanker Payudara

  by: Redaksi       24/1/2015
  • Kanker payudara adalah penyakit nomor satu bagi wanita di seluruh dunia. Ancaman terbesar ini tentu juga bisa ikut menghampiri Anda. Mari bersama Cosmo kita kenali lebih jauh si “monster” ini!

    Benjolan di Payudara
    Katanya benjolan di payudara merupakan indikasi munculnya kanker payudara. Wooo... tidak dear. Sembilan puluh persen kasus benjolan pada payudara bukanlah kanker. Nah, untuk 10% sisanya, tanda-tanda benjolan tersebut bisa menjadi “alarm” untuk Anda. Segera lakukan pengecekan, apakah benjolan pada payudara Anda tersebut terasa sakit dan kasar, tapi sama sekali tidak terasa nyeri saat disentuh. Bila terjadi seperti itu, segeralah periksa ke dokter.

    Makanan Penyebab Kanker
    Sebenarnya tidak ada satu makanan khusus yang bisa mengakibatkan kanker payudara. Namun, Anda memang mesti membatasi konsumsi daging dan alkohol karena bisa merangsang produksi estrogen yang berlebih. Bila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memproduksi estrogen, efeknya akan lebih besar memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.



    Kehamilan Menurunkan Risiko Kanker
    Betul dear, sebab ketika nanti Anda hamil, kandungan estrogen yang Anda miliki akan digunakan untuk memperkuat dinding rahim, sehingga kalau biasanya bila produksi estrogen berlebihan semua akan dikonsentrasikan di payudara, namun, saat hamil estrogen tersebut didayagunakan untuk melancarkan kehamilan. Sama halnya ketika Anda nanti menyusui.

    Ukuran Payudara yang Kecil Lebih Rentan...?
    Ukuran payudara tidak memiliki andil apapun akan timbulnya kanker payudara. Yang menjadi permasalahan sebenarnya adalah untuk Anda yang memiliki bentuk payudara lebih besar, akan lebih sulit untuk dideteksi sebab payudara yang besar memiliki lemak lebih tebal.



    Menurun Dari Silsilah Keluarga
    Oh yang satu ini pasti sudah sering sekali Anda dengar, katanya hanya wanita yang berlatar belakang memiliki keluarga pengidap kanker yang dapat terkena kanker payudara. Faktanya, justru banyak wanita yang terkena penyakit ini justru tidak memiliki latar belakang tersebut. Hanya saja, bila memang ibu atau saudari Anda ada yang mengidap kanker payudara, artinya risiko Anda terkena semakin meningkat.

    Bra Berkawat Jadi Penyebab
    Mitos ini sudah banyak dibantah oleh para peneliti. Penjelasannya, penggunaan bra atau jenis pakaian dalam lainnya juga tidak akan memicu terjadinya kanker. Well, tapi tak ada salahnya lho dear untuk memulai kebiasaan tidur tanpa menggunakan bra. Agar si kembar bisa sedikit bernapas.

    Deodoran Dapat Menyebabkan Kanker Payudara
    Awalnya isu ini menyebar adalah berawal dari sebuah penelitian yang menemukan parabens dalam tumor. Kebetulan zat itu juga dipakai dalam antiperspirant di dalam kandungan deodorant. Tenang dear, The American Cancer Society membantah hal ini. Tidak ada hubungan sebab akibat antara parabens dengan kanker payudara. (Muhtar Rais/IR/Image: MaxFrost/Thinkstock)