Career

4 Cara Mengatur Keuangan Bersama Pasangan

  by: Redaksi       25/1/2015
  • Meski sudah menjalin hubungan bersama, rasanya sulit benar-benar membicarakan permasalahan keuangan bersama si dia. Anda juga mengalaminya? Well... 4 trik Cosmo ini bisa jadi jalan keluar dalam hal keuangan Anda bersama pasangan.

    Telusuri Pengeluaran
    Tahu ke mana saja mengalir keluarnya uang Anda dan si dia adalah kunci pengaman utama keuangan. Dan tentu saja alur itu yang akan tetap menstabilkan anggaran pengeluaran. Setelahnya, pastikan untuk selalu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang ada. Buat daftar secara periodik mulai dari pengeluaran harian, mingguan, hingga bulanan.

    Aturannya: Yes or No
    Tidak ada salahnya lho dear, menunjukkan kepadanya semua daftar pengeluaran yang ada dan rencana pengeluaran untuk periode ke depan hingga pengajuan Anda tentang besarnya penghasilan yang harus ditabung. Ajak si dia untuk membahasnya bersama. Pilihannya, ia bisa langsung setuju dengan beberapa daftar yang Anda buat atau dia juga bisa menolaknya.



    Tugas Anda Sebagai....
    Bila semua sudah berjalan sesuai rencana Anda bersama, buat segala urusan antrean bank untuk membayar tagihan hingga belanja bulanan makin menyenangkan. Anda bisa membahasnya bersama mengenai siapa yang kena giliran untuk menyelesaikan semua tugas itu setiap bulannya. Anda bisa jadi “Si Pembayar Tagihan”, dan ia bisa menjadi “Si Pembuat Daftar Belanja”. Satu hal yang harus diperhatikan, siapapun yang menjalani tugas itu harus tahu dengan jelas apa yang harus ia lakukan.



    Buat Tabungan Khusus
    Bila Anda dan pasangan telah menikah dan memiliki pekerjaan masing-masing, tentu saja sumber penghasilan yang dimiliki jadi ganda. Untuk mengatur segala biaya pengeluaran dan tentunya Anda masih memilki rekening tabungan pribadi sendiri. Nah, cobalah membuka tabungan khusus untuk membayar segala pengeluaran ini. Isinya, tentu saja Anda bisa bicarakan berdua berapa persen pembagian yang harus Anda dan si dia masukkan ke dalam tabungan itu setiap periodenya. (Muhtar Rais/IR/Image: LuminaStock/Thinkstock)