Better You

7 Cara Mempertahankan Diet Saat Family Day

  by: Redaksi       27/1/2015
  • Kumpul keluarga adalah agenda yang pasti akan jadi godaan besar untuk membuat Anda tak berhenti makan. Cosmo punya strategi untuk mengaturnya.

    Atur Porsi
    Agak sulit untuk mengganti semua menu pilihan yang disajikan oleh keluarga besar Anda. Tapi kesalahan yang paling tak pernah disadari adalah menambah berbagai “hiasan” cantik di piring Anda, seperti kacang, keju, cream sauces, butter, atau whipped cream. Awalnya memang sederhana, niat Anda hanya untuk menambah rasa, tapi efeknya sangat besar dalam menambah lingkar perut Anda nantinya. Carolyn O’Neil, penulis The Dish on Eating Healthy and Being Fabulous, menyarankan untuk mengurangi asupan kalori sebisa mungkin, jadi Anda tidak pulang dalam kondisi kekenyangan tapi cukup!

    Buat Tangan Anda Sibuk
    Tangan apa yang biasa lebih Anda pakai dalam kegiatan sehari-hari? Di tangan kanan atau kiri itulah, Anda harus memegang gelas atau botol berisi air mineral setiap kali berada dalam acara keluarga. Mengapa? Menurut Cathy Nonas, MS, RD, obesity expert, bila tangan yang dominan biasa digunakan itu sudah memegang sesuatu, Anda tidak akan lagi sibuk mencomot makanan sana-sini. 



    Kunyah Permen Karet
    Cara ini akan berhasil untuk membuat Anda berhenti mengunyah, dear. Menurut Nonas, dengan mengunyah permen karet tubuh Anda ikut menerima asupan gula dari permen tersebut yang membuat Anda tidak terus-menerus merasa lapar.

    A Food Snob
    If you don't love it, don't eat it,” ujar Melinda Johnson, MS, RD, spokewoman for American Dietetic Association. Cari saja menu-menu yang memang tidak akan Anda temukan selain di acara tersebut. Anda tidak perlu mencoba semuanya. Bijaksana dalam memilih menu apa yang akan masuk di atas piring Anda. Bila sudah memilih, cari tempat duduk dan makanlah secara perlahan dan penuhi kebutuhan tubuh Anda bukan keinginan “lapar mata” Anda.


    No Skipping Meals
    Meskipun sedang liburan atau kumpul keluarga, selalu lakukan kebiasaan makan Anda tetap pada waktunya. Jangan sampai melewatkan jadwal makan karena Anda  berniat untuk diet. Penulis Diet Simple, Katherine Tallmadge, MA, RD, menyarankan untuk tetap sarapan, makan siang dalam porsi cukup dan konsumsi kudapan atau salad sebelum acara.



    First Thing First
    Sebelum mengelilingi meja makan yang penuh dengan deretan menu yang membuat liur Anda tak berhenti, ada hal lain yang harus Anda lakukan lebih dulu. Setibanya di tempat acara, minumlah secangkir air mineral lalu tunggu hingga 30 menit. Waktu ini akan membuat Anda relaks dan bisa memilih dengan bijak makanan yang akan Anda konsumsi.

    Kurangi Minuman Beralkohol
    Alkohol mengandung banyak sekali kalori. Apalagi saat liburan tak jarang ada minuman spesial yang dibuat sendiri. Triknya menurut David Katz, penulis The Flavor Point Diet, konsumsi saja setengah gelas. Sisanya Anda bisa mengonsumsi air mineral, jus, atau cocktail. (Muhtar Rais/IR/Image: monkeybusinessimages/Thinkstock)