Better You

Cegah Kantuk Setelah Makan Siang

  by: RedaksiCosmopolitan       31/1/2015
  • Sudah kenyang makan, lalu mengantuk. Aha! Siapa yang sering mengalaminya setelah makan siang? Boleh sih makan siang sampai kenyang, tapi agar tidak cepat mengantuk dan mengganggu kinerja seharian, yuk ikuti lima trik berikut ini.

    Batasi Asupan Karbohidrat dan Gula
    Memang Anda dianjurkan untuk memasukan menu karbohidrat dalam porsi makan siang Anda. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan dan cukup seperempat dari seluruh porsi makan Anda. Begitupun dengan asupan gula. Jadi, daripada mengakhiri santap siang dengan es campur, lebih baik Anda menggantinya dengan air putih hangat.

    Porsi Makan
    Bagilah piring Anda menjadi tiga bagian. Setengah piring untuk sayuran dan setengahnya lagi dapat Anda bagi dua antara karbohidrat serta lauk pauk. Setelah itu, jangan terburu-buru untuk melahap habis seluruhnya dear. Cobalah untuk mengunyahnya secara perlahan hingga habis. Dengan begitu, Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa perlu menambah lagi porsi makanan yang lain.



    Menyantap Buah Segar
    Beberapa potong buah segar yang Anda santap bisa membuat perut terasa lebih kenyang. Selain itu, kesegarannya bisa membantu Anda agar lebih fresh dan siap untuk meneruskan kembali aktivitas Anda siang ini.



    Berjalan-jalan
    Tidak perlu jauh, Anda hanya butuh waktu 10-15 menit untuk berjalan-jalan. Hal ini bisa membuat tubuh lebih segar dan rasa kantuk tidak datang begitu cepat.


    Nyalakan Lilin Aroma Mint
    Jika memang Anda masih merasakan kantuk setelah makan siang, coba keluarkan koleksi lilin aromaterapi yang Anda miliki. Nyalakan lilin yang beraroma mint, dan hirup wanginya. Dijamin Anda pasti akan langsung melek. (Adhia Azka/IR/Image: ridofranz/iStock/thinkstock)



    tags: buah, segar, makan, siang