Better You

Kombinasi Makanan yang (Ternyata) Berbahaya

  by: Silvya Winny       5/1/2016
  • Menyantap makanan favorit memang menjadi salah satu hal paling menyenangkan. Namun kombinasi makanan yang salah rupanya bisa menyebabkan masalah pencernaan. Hmm, kira-kira apa saja yang harus dihindari ya? Read on!

    Daging dan Kentang

    Menyantap steak atau hamburger makin lengkap jika disajikan dengan kentang goreng. Padahal protein dalam daging dan pati pada kentang saling menghalangi satu sama lain ketika dicerna. Inilah sebabnya Anda merasa begah.



    Sereal dan Jus Jeruk

    Asam pada jus jeruk atau buah lain bisa merusak enzim yang berguna untuk mencerna pati dalam sereal. Selain itu, asam buah juga akan mengentalkan susu di lambung sehingga sulit dicerna. Solusinya, coba makan buah atau jus 30 menit sebelum makan sereal atau oatmeal.

    Wine dan Dessert



    Alkohol pada wine akan mengonversi gula pada dessert menjadi lemak yang bisa menaikkan berat badan. Teh atau kopi adalah pasangan yang tepat bagi Anda penggemar dessert.

    Buah sebagai Dessert

    Buah sangat cepat dicerna. Ketika Anda mengonsumsinya langsung setelah makan, buah harus menunggu makanan lain dicerna hingga terfermentasi dan menyebabkan gas. Konsumsilah buah satu atau dua jam sebelum makan. (Soca Massardi/FT/Image: Outnow.ch)