Career

5 Tanda Anda Sukses Mengelola Keuangan

  by: Silvya Winny       4/1/2016
  • Mengatur dan mengelola keuangan dengan stabil setiap bulan memang hal yang cukup tricky. Well, jika Anda telah berhasil melakukan lima hal berikut ini, tandanya keuangan sudah terkelola dengan baik. Congrats!

    Puas dengan Kondisi Saat Ini

    Apa reaksi Anda saat mendengar kata “keuangan”? Tersenyum santai atau takut dan panik? Jika Anda tetap tersenyum santai, berarti keuangan Anda kini cukup stabil. Anda benar-benar mengontrol pemasukan dan pengeluaran sehingga tak khawatir  lagi mengenai masa depan.



    Jarang Menggunakan Kartu Kredit

    Utang = beban. Anda paham betul bahwa kartu kredit adalah alat pembayaran darurat ketika tidak membawa uang tunai. Hal ini pula yang membuat Anda menghindari berutang demi memenuhi kepentingan pribadi seperti membali gadget terbaru. Namun ketika digunakan untuk membeli barang yang sedikit mahal, Anda selalu langsung membayar lunas tagihannya.

    Tidak Pernah Terlambat Membayar Tagihan

    Hal pertama yang selalu Anda lakukan setelah gajian adalah melunasi semua tagihan. Anda melakukan ini karena tidak suka berlama-lama menumpuk tagihan dan dibebani utang. Bahkan Anda lebih suka membayarnya sebelum jatuh tempo sesaat setelah tagihan masuk ke e-mail Anda.



    Terbiasa Menabung

    Memiliki simpanan dana darurat adalah tanda keuangan cukup sukses. Anda lebih peduli dengan kehidupan di masa depan daripada kesenangan sesaat. Alih-alih berburu diskon akhir tahun di mal, Anda memilih menabung sebagian pendapatan untuk biaya tak terduga, kesehatan, atau untuk pergi traveling di tahun berikutnya.

    Selalu Bersikap Skeptis

    Anda selalu berhasil menahan godaan dengan bersikap skeptis di midnight sale karena meragukan harga diskon yang terpampang. Anda juga tidak gegabah membuat investasi hanya karena dibujuk teman atau keluarga. Ya, Anda memang harus berpikir dua kali sebelum menggunakan uang. (Soca Massardi/VP/Image: Outnow.ch)