Better You

Cara Bijak Menghadapi Toxic People

  by: Hana A. Devarianti       15/1/2016
  • Toxic people. Well, Anda pasti pernah menemuinya – orang-orang yang kehadirannya selalu memberikan energi negatif, bahkan tidak jarang mereka menimbulkan rasa cemas dan stres. Menghadapi para toxic people memang bukan hal yang mudah. Namun, Cosmo temukan cara bijak untuk menghadapi mereka agar Anda tak terjerumus dalam aura negatifnya.

     

    Buat Batasan



    Terjebak di lingkungan yang memiliki toxic people bukan berarti membiarkannya memengaruhi diri Anda. Tidak ada salahnya untuk bersikap ramah terhadap orang tersebut, tetapi buat batasan yang jelas. Usahakan untuk tidak menghabiskan banyak waktu dengan orang tersebut. Lebih baik kelilingi diri dengan orang-orang yang dapat memberikan energi positif.

     

    Jangan Mau Kalah

    Oh dear, wanita fearless pasti tahu waktu yang tepat untuk bersikap tidak mau mengalah. Sikap seperti ini dapat terapkan ketika menghadapi toxic people. Ya, mereka memang dapat dengan mudah menjatuhkan semangat Anda lewat sikap kasar dan komentar yang terlampau “pedas”. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui, pendapat para toxic people tidak perlu terlalu dipusingkan.

     

    Usahakan Tetap Tenang dan Rasional



    Toxic people dapat dengan mudah “memancing” emosi Anda. Dan tidak jarang memang hal itulah yang mereka inginkan. Sehingga, penting untuk selalu bersikap tenang dan rasional ketika berhadapan dengan toxic people. Usahakan untuk tetap berkepala dingin saat menghadapi mereka. Ini akan membuat Anda tidak mudah terpengaruh dengan mereka.

     

    Memaafkan tetapi Tidak Melupakan

    Well, toxic people memang mau mengatakan maaf tetapi sering kali mereka tidak ragu untuk mengulangi kesalahan yang sama. Anda boleh menjadi seseorang yang pemaaf. Akan tetapi, penting untuk selalu mengingat siapa yang dapat dan tidak dapat dipercaya. Jadi, jangan ragu untuk memasukan si toxic dalam daftar orang-orang yang tidak boleh Anda percaya, atau bahkan hingga memutuskan hubungan dengannya.

     

    Fokus pada Goal Anda

    Kehadiran toxic people memang dapat mengalihkan diri Anda dari hal-hal yang ingin diraih. Terlalu fokus menghadapi mereka juga tidak baik. Tidak perlu menganggapi mereka dengan serius. Lebih baik Anda lebih fokus pada goal yang sudah lama diinginkan. (Hana Devarianti/VP/Image: Peter Bernik/shutterstock/clickphotos)