Beauty

5 Kesalahan Yang Dapat Memperburuk Jerawat

  by: Ainjia Phioltia Paat       25/1/2016
  • Benci jerawat? Ugh, Cosmo juga! Mungkin Anda, seperti Cosmo, sudah punya berbagai senjata untuk memerangi jerawat, dari scrub hingga spot treatment. Namun, apakah cara dan produk tersebut ampuh atau malah bikin jerawat makin meradang? Hmm, cek artikel di bawah ini! (Ainjia Paat/Image: R.legosyn/Shutterstock/Clickphotos)

    1. Bila kulit Anda mudah berjerawat atau breakout-prone, menggunakan produk anti-acne saat jerawat muncul saja ternyata kurang ampuh! Gunakan produk perawatan wajah yang memiliki kandungan anti-inflammatory seperti salicylic acid yang membantu mengontrol kandungan minyak dalam kulit, setiap hari.
    2. Mengelupas lapisan kulit bagian atas dengan chemical peels yang keras tak akan menyelesaikan masalah Anda. Cukup bersihkan pori-pori wajah menggunakan exfoliator yang lembut dengan enzym dari buah-buahan, seminggu sekali. Hindari treatment abrasif yang akan memancing peradangan pada kulit.
    3. Hentikan main hakim sendiri alias memencet jerawat! Well, Cosmo tahu ini memang dosa yang sulit untuk dihentikan, namun bila memang jari-jari Anda sudah gatal, gunakan alat ekstraksi jerawat untuk membantu mengeluarkan whiteheads dan blackheads. Hati-hati karena jerawat besar yang dalam tetap harus diserahkan pada dermatologis yang profesional, ya!
    4. Menggunakan benzoyl peroxide pada jerawat memang ide bagus karena bahan antibakterial ini terkenal mampu membantu membunuh bakteri yang mengakibatkan jerawat. Namun, pastikan kadarnya tak lebih dari 3% karena lebih dari itu akan mengiritasi kulit.
    5. Kulit wajah Anda berminyak, oleh karenanya Anda merasa tak butuh menggunakan moisturizer? Salah! Produksi minyak dan air dalam kulit adalah dua hal yang berbeda. Bisa saja kulit Anda berminyak namun kurang hidrasi. Mengurangi moisturizer justru akan memancing kulit untuk menghasilkan lebih banyak lagi minyak. Jadi, gunakan saja oil-free moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit dan agar tak memancing lebih banyak lagi jerawat bermunculan!