Better You

Pertanyaan Seputar Payudara, Terpecahkan!

  by: Hana A. Devarianti       24/1/2016
  • Payudara adalah salah satu organ wanita yang paling intim juga paling unik. Keunikannya sering kali menimbulkan berbagai pertanyaan dalam diri Anda. Well, tidak perlu bingung lagi. Lewat artikel ini Cosmo menjawab pertanyaan tersebut!

     

    Payudara Terasa Keras Saat Menstruasi



    Ada mungkin merasakan adanya perubahaan saat akan atau sedang menstruasi, salah satunya adalah payudara yang terasa keras bahkan sakit. Hal ini sebenarnya disebabkan karena hormon estrogen dan progesteron yang meningkat satu hingga dua minggu sebelum siklus dimulai. Untuk meredakan masalah ini, Anda dapat mengurangi konsumsi kafein dan tembakau yang dapat memicu peningkatkan hormon.

     

    Rambut Pada Puting

    Kemungkinannya adalah Anda pernah memiliki rambut yang tubuh disekitar area puting. Meski hal tersebut terasa tidak nyaman dan aneh, rambut yang tubuh di puting sebenarnya normal. Puting dan area di sekitarnya secara alami memiliki folikel rambut, perkembangan tubuh dan lonjakan hormon membuat rambut tersebut tumbuh.

     

    Puting Gatal

    Normalnya, puting Anda seharusnya tidak terasa gatal. Namun, hal tersebut dapat terjadi ketika kulit pada puting kering atau rusak. Jadi, jangan lupa untuk menjaga kelembapan kulit area puting dengan rutin menggunakan moisturizer.

     



    Payudara Kendur

    Seiring bertambahnya usia, payudara memang akan semakin kendur. Akan tetapi, payudara yang tidak “ditopang” dengan baik dapat membuatnya lebih mudah kendur. Pastikan Anda mengenakan payudara dengan ukuran yang tepat dan selalu kenakan sports bra saat berolahraga.

     

    Waktu yang Tepat untuk Memeriksa Payudara

    Anda pasti sudah tahu kalau pemeriksaan mandiri menjadi hal penting yang harus dilakukan setiap bulan. Namun, tidak banyak yang tahu waktu yang tepat untuk melakukannya. Para dokter ginekolog menganjurkan Anda untuk melakukannya pada seminggu setelah menstruasi dimulai saat hormon kembali normal.

     

    Hal yang Dapat Menganggu Kesehatan Payudara

    Penyebab terbesar dari masalah pada payudara adalah rendahnya tingkat vitamin D, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan tingginya konsumsi alkohol, lemak daging, produk susu, serta makanan yang digoreng. Untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, termasuk kanker payudara, Anda sebaiknya membiasakan diri untuk menerapkan pola makan sehat, mengurangi alkohol, berolahraga, serta menjaga berat badan tubuh. (Hana Devarianti/VP/Image: Roman Samborskyi/shutterstock/clickphotos)