Career

Lakukan Hal Berikut Usai Gajian

  by: Silvya Winny       25/1/2016
  • Yeay, it's salary week! Nah, sebelum uang tersebut habis digunakan untuk belanja berbagai barang keinginan Anda yang seakan tidak ada habisnya, lebih baik lakukan dulu hal berikut.

     

    Lunasi Kartu Kredit



    Yup, bayar hutang-hutang Anda segera sebelum Anda (kembali) berhutang. Bayar dan lunasi seluruh tagihan kartu kredit, dan dahulukan hal tersebut sebelum Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli barang baru.

     

    Buat Budgeting

    Setelah membayar hutang-hutang Anda, segera lakukan budgeting. Sisihkan 50%-60% untuk pengeluaran Anda tiap bulannya, seperti transportasi dan makan, lalu simpan 20% uang Anda untuk ditabung. Sisanya, bisa Anda gunakan untuk berbelanja atau untuk disimpan.

     

    Pisahkan Uang Untuk Dana Pensiun

    Ada baiknya 50% dari sisa uang yang diperoleh setelah budgeting disimpan sebagai tabungan pensiun nanti. Kelihatannya memang kurang penting, namun hal tersebut akan berguna nantinya. Lebih baik bersusah sekarang dibandingkan nanti, kan?

     



    Ambil Uang Secara Berkala

    Untuk uang yang sudah Anda sisihkan demi pengeluaran per bulan, ambil secara berkala per minggunya. Mengambil uang dalam jumlah terlalu besar justru akan memancing Anda untuk berbelanja di luar kebutuhan.

     

    Pikirkan Kembali Saat Belanja

    Jangan terburu-buru membuat keputusan saat ingin membeli barang. Pikirkan kembali, dan tahan diri Anda selama beberapa hari sebelum membeli barang tersebut. Siapa tahu keinginan untuk membeli barang tersebut justru menghilang.

     

    Investasikan Sisa Uang

    Bagaimana dengan sisa uang Anda dari bulan kemarin? Jawabannya mudah: ditabung saja, atau diinvestasikan. Berinvestasi dapat dilakukan dalam berbagai hal, yang paling mudah adalah dalam bentuk uang asing atau tabungan deposito. Jika sisa uang Anda memang masih sedikit, maka ditabung saja. Jangan gunakan sisa uang Anda untuk belanja, ya. (Alvin Yoga / VP / Image: MilanMarkovic78/Shutterstock/ClickPhotos)