Better You

Arti Warna Kuku Anda

  by: Silvya Winny       26/1/2016
  • Warna kuku Anda – entah itu pucat, kekuningan, atau biru – ternyata dapat menggambarkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Baca penjelasan Cosmo berikut!

     

    Warna Kuku Pucat



    Kuku yang terlihat pucat seringkali menjadi tanda bahwa tubuh sedang terserang penyakit, seperti demam, anemia, hingga gangguan pada hati. Hal tersebut terjadi karena tubuh kekurangan zat gizi yang membuat warna alami kuku menjadi berkurang.

     

    Noda Putih Dengan Pinggir Berwarna Kegelapan

    Hal ini jarang terjadi pada kuku, namun jika kuku Anda terdapat noda putih dengan pinggir berwarna gelap pekat, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa Anda mempunyai masalah pada hati seperti hepatitis atau liver.

     

    Kuku Berwarna Kekuningan

    Hal ini dapat mengindikasikan dua hal: Pertama, kuku Anda terkena penyebab penyakit kuku yang paling umum, yaitu infeksi jamur. Infeksi jamur dapat menyebabkan kuku menebal dan mengeluarkan bau tak sedap, kondisi tersebut lama kelamaan akan semakin parah hingga akhirnya kuku mudah mengelupas. Kedua, dalam kasus yang lebih jarang terjadi, kuku kuning menyiratkan bahwa kondisi kesehatan Anda sedang memburuk, seperti munculnya penyakit paru-paru atau tiroid yang disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi rokok.

     

    Kuku Berwarna Kebiruan

    Kuku dengan warna kebiruan menunjukkan adanya indikasi pada bagian paru-paru. Biasanya hal tersebut menunjukkan bahwa tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen seperti yang seharusnya. Hal tersebut juga bisa mengindikasikan adanya infeksi pada paru-paru seperti pneumonia. Kuku berwarna kebiruan sering ditemukan oleh para penjaga pantai saat menolong mereka yang terseret ombak.

     



    Kuku Berkerut atau Bergelombang

    Permukaan kuku yang berkerut atau bergelombang merupakan tanda awal dari peradangan arthritis. Hal tersebut juga biasa diimbangi dengan perubahan warna pada kuku yang berwarna coklat-kemerahan.

     

    Kuku Retak atau Terbelah

    Hal ini biasa terjadi pada kuku yang terlalu panjang. Hal tersebut biasa diakibatkan oleh infeksi jamur. Anda bisa mengatasinya dengan memotong bagian kuku yang terbelah untuk mencegah infeksi tersebut menjalar ke bagian kuku yang lain.

     

    Kuku Membengkak

    Kuku yang membengkak disertai dengan warna kemerahan biasanya menunjukkan bahwa kuku sedang mengalami peradangan dan infeksi. Periksakan segera kuku Anda ke dokter agar infeksinya tidak menyebar.

     

    Kuku Dengan Bercak Putih

    Hal ini umum ditemukan pada kuku. Biasanya hal tersebut menunjukkan bahwa tubuh sedang kekurangan zinc dan protein. Banyak mengonsumsi telur dan ayam rebus akan menghilangkan bercak putih tersebut. (Alvin Yoga / VP / Image: elena1110/Shutterstock/ClickPhotos)