Career

5 Cara Mengatur Waktu di Kantor

  by: Hana A. Devarianti       27/1/2016
  • Tahu cara mengatur waktu kerja di kantor dengan bijak bisa membantu Anda mencapai karier gemilang. Agar kerja jadi lebih produktif, simak cara mengatur waktu yang baik di kantor berikut ini.

     

    Cari Tahu Kebiasaan

    Jika ingin mengatur waktu lebih baik, coba deh cari tahu kebiasan Anda menghabiskan waktu. Menurut Harvard Business Review, sebenarnya seperempat dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari tidak terlalu penting dan bisa “dipangkas”. Hal ini membuat Anda memiliki waktu tambahan sebanyak 10 jam setiap minggu untuk menyelesaikan tugas yang lebih penting.



     

    Beristirahat

    Siapa bilang cara paling bijak untuk mengatur waktu adalah dengan terus-menerus bekerja? Otak hanya dapat berkonsentrasi penuh selama 90 menit, sehingga beristirahat justru penting untuk dilakukan. Psst, Anda ternyata dapat berkonsentrasi lebih saat mengetahui kalau waktu istirahat akan datang.

     

    Aturan 6-12-6

    Sudah bukan rahasia lagi kalau smartphone menjadi gangguan paling besar saat bekerja. Benda tersebut dapat dengan mudah memecah konsentrasi. Agar hal tersebut tidak terjadi, Cosmo sarankan untuk menerapkan aturan 6-12-6. Yup, Anda hanya boleh memeriksa smartphone selama 20 menit saat pukul 6 pagi, 12 siang, dan 6 sore. Berani mencoba?



     

    Dengarkan Musik

    Mendengarkan musik saat bekerja ternyata dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus lho. Jadi, siapkan playlist terbaik Anda sebelum memulai bekerja. Boleh juga menantang diri untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum playlist berakhir.

     

    Bangun Lebih Pagi

    Ada banyak hal baik yang dapat diperoleh ketika bangun lebih pagi. Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk menyelesaikan hal-hal yang bersifat personal. Ini tentu dapat membantu Anda untuk fokus pada pekerjaan selama di kantor. Jadi, tidak ada salahnya untuk tidur lebih cepat malam ini. (Hana Devarianti/VP/Image: Kaspars Grinvalds/shutterstock/clickphotos)