Better You

5 Cara Keluar Dari Zona Nyaman

  by: Silvya Winny       29/1/2016
  • Terkadang kita memang harus keluar dari comfort zone dan menghadapi sebuah tantangan baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Jangan kuatir jika Anda masih merasa takut, berikut tip ampuh dari Cosmo untuk keluar dari zona nyaman.

     

    Kenali Kebiasaan Anda



    Kebiasaan merupakan salah satu jawaban mengapa Anda masih berada di comfort zone. Coba lihat kembali rutinitas yang biasa Anda lakukan setiap harinya, tandai hal apa saja yang menjadi kebiasaan, lalu ubah kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit. Percayalah, Anda akan kaget mengetahui seberapa banyak habit dan seberapa banyak yang bisa Anda ubah. Semisal Anda selalu memesan menu yang sama saat berada di satu restoran karena Anda menyukai menu tersebut. Ubah kebiasaan tersebut dengan mencoba menu baru yang direkomendasikan oleh teman-teman.

     

    Tahu Risikonya

    Ketahuilah bahwa saat mencoba hal-hal baru, Anda mungkin akan kehilangan hal-hal lama yang Anda sukai. Semisal, Anda tidak suka untuk hangout di hari Minggu karena ada serial televisi favorit yang tidak bisa Anda lewatkan. Sesekali, pergilah hangout saat diajak the girls, Anda mungkin akan kehilangan satu episode dari serial televisi favorit Anda, tapi siapa tahu Anda bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang mungkin bisa membantu karier Anda, atau justru menjadi sahabat baru Anda nantinya. Percayalah, it is worth missing out on a show.

     

    Ubah Sedikit Demi Sedikit



    Salah satu hal termudah untuk keluar dari zona nyaman Anda adalah dengan mengubah sedikit demi sedikit kebiasaan. Lakukan dari hal-hal kecil yang paling mudah dilakukan. Semisal Anda suka mendengarkan lagu pop, kali ini cobalah untuk mendengarkan genre alternative atau RnB. Take baby steps, cukup dengan satu kebiasaan tiap minggunya, dari situ Anda bisa belajar untuk mengubah habit yang lebih besar.

     

    Lupakan Kebiasaan Lama

    Hal tersulit yang harus Anda lakukan untuk keluar dari comfort zone adalah dengan melupakan kebiasaan lama atau rutinitas Anda. Ingat, Anda membutuhkan tantangan dan perubahan baru tersebut, so say goodbye and let it go. Jangan mau hidup Anda diatur oleh kebiasaan-kebiasaan tersebut, seberapa besar pun Anda menyukainya.

     

    Jangan Takut Untuk Gagal

    Rasa takut untuk gagal membuat beberapa orang malas untuk mencoba hal yang baru. Well, ingat ladies, tak hanya Anda yang takut untuk gagal, setiap orang pun begitu. Jangan biarkan rasa takut untuk gagal tersebut menghentikan Anda untuk menjadi lebih baik. Percayalah bahwa Anda bisa keluar dari habit yang selama ini membuat Anda tidak produktif. Selamat mencoba! (Alvin Yoga / VP / Image: Outnow.ch)