Better You

5 Cara agar Resolusi Tidak Berakhir Jadi “Resolusi"

  by: Hana A. Devarianti       19/1/2017
  • Seperti kebanyakan orang, Anda mungkin memulai tahun 2017 dengan menuliskan resolusi yang ingin dicapai tahun ini. Kabar baiknya, Anda tidak akan berakhir seperti banyak orang yang tidak mampu menyelesaikan resolusi tersebut hingga akhir tahun. Baca sampai habis untuk tahu cara mudahnya!

     

    Tetapkan Tujuan yang Jelas



    Kesalahan pertama saat menetapkan resolusi adalah tidak menuliskannya dengan detail. Misalnya saja, resolusi “makan lebih sehat”. Well, resolusi itu tidak bisa diukur dan lebih mungkin untuk tidak tercapai dibandingkan ketika Anda menulisnya dengan kalimat “makan lebih sehat dengan perbanyak konsumsi sayuran, minimal setengah piring setiap makan”.

     

    Tulis Juga Langkah Mencapainya

    Sering kali saat membuat resolusi Anda hanya menuliskan target tanpa memikirkan langkah yang harus diambil untuk mencapainya. Padahal ini adalah hal penting yang harus dilakukan. Misalnya, kalau resolusi Anda ingin “Ikut race half-marathon”, tulis juga kalau Anda perlu latihan lari setiap minggu dan pada bulan keenam latihan, Anda harus bisa lari 10 kilometer tanpa merasa “kehabisan” napas.

     

    Tidak Perlu Terlalu Ambisius



    Saking semangatnya menyambut awal tahun, Anda menulis resolusi yang Anda sendiri tahu sulit untuk dicapai. Tidak perlu terlalu ambisius, darling. Mengubah sebuah kebiasaan yang sudah begitu melekat bukan hal yang mudah. Jika Anda jarang sekali berolahraga dan tahun ini ingin mulai membiasakan diri melakukannya, sebaiknya buat target untuk berolahraga setiap dua kali seminggu daripada berambisi berolahraga setiap hari.

     

    Jangan Lupa Reward!

    Ladies, harus disadari kalau 12 bulan adalah waktu yang lama. Dan terkadang komitmen yang lama ini menggoda Anda untuk menyerah. We get it, dear. Maka dari itu, Cosmo menyarankan Anda untuk memberi reward di tengah-tengah resolusi. Tidak apa-apa kok membeli tas lansiran desainer favorit saat sedang punya resolusi menabung untuk cicilan KPR. Percaya deh, ini dapat menambah motivasi Anda.

     

    Be Kind

    Satu hal lagi yang harus dilakukan agar resolusi dapat terus berjalan hingga bulan Desember adalah bersikap tidak terlalu “keras” pada diri sendiri. Be kind to yourself! Setiap kali bertemu dengan rintangan dan merasa ingin menyerah, ingatkan kembali diri Anda kalau setidaknya Anda masih berusaha agar resolusi bukan hanya sekadar jadi “resolusi”. And it's a good sign! (Hana Devarianti/VP/Image: )