Better You

Empat Alasan Anda Boleh Bolos Olahraga Hari Ini

  by: Alvin Yoga       20/1/2017
  • Cosmo tahu Anda sedang berusaha agar tetap sehat sambil berupaya menurunkan berat badan – ya, Cosmo mengerti kok. Tapi sesekali bolos berolahraga juga boleh, lho. Ini dia beberapa alasan yang bisa Anda gunakan untuk skip berolahraga hari ini – yes, you're welcome.

     



    Merasa Tidak Enak Badan

    “Dengarkan” apa kata tubuh Anda. Jika Anda merasa cukup sehat untuk berolahraga, then go for it. Sedikit berkeringat memang bisa membantu Anda menjadi lebih bersemangat. Namun jika Anda merasa sedang tidak fit, seperti muncul gejala demam atau flu, maka tak perlu memaksakan diri. Pulang dan beristirahatlah. Tak mau kan, menularkan virus dengan pria yang Anda incar di gym?

     

    Anda Sedang Cedera

    Semisal pergelangan Anda terkilir, atau sedang keram perut. Walau mungkin rasanya tidak terlalu menyakitkan, namun terlalu sering bergerak akan membuat cedera tersebut bertambah parah. Hal ini terjadi karena ketika berolahraga (terutama jika Anda latihan beban), otot bekerja terlalu keras, yang berarti Anda perlu memberikan waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan otot yang bermasalah. Jika tidak, risikonya adalah Anda akan kehilangan massa otot.

    Jika memaksa ingin berolahraga, maka hindari kegiatan yang mengharuskan Anda menggunakan bagian tubuh yang sedang cedera. Semisal jika lengan sedang cedera, maka fokuskan olahraga kali ini untuk bagian perut atau kaki, dan lupakan ide soal menggunakan shoulder press. Walau begitu, Cosmo tetap tidak menyarankannya, beristirahat tetap merupakan cara terbaik untuk sembuh.

     



    Anda Merasa Sangat Lelah

    Apakah jam tidur Anda kurang semalam? Atau Anda minum kopi lebih banyak hari ini? Berolahraga memang membuat Anda merasa lebih berenergi, namun efeknya hanya sementara. Skenario terbaik adalah pulang dan beristirahat. Tidur merupakan cara terbaik untuk mengembalikan energi yang hilang. Survei yang dikeluarkan oleh American Psychological Association, berolahraga justru memberikan efek snooze yang berujung pada kurangnya konsentrasi, selera makan, hilangnya mood, serta membuat Anda lebih mudah terserang penyakit.

     

    Jadwal Kerja Anda Sangat Padat

    Anda lembur hingga larut di kantor? Berarti Anda boleh skip datang ke gym hari ini. Namun ingat, jangan gunakan alasan ini sebagai “kupon” setiap kali Anda ingin “bolos”. Cosmo mengerti Anda memang sibuk dan butuh istirahat, namun rutinitas di gym juga bisa diganti dengan latihan kecil seperti tabata yang tidak memerlukan waktu panjang dan tempat yang spesifik. Lakukan gerakan-gerakan mudah seperti squat, push-up, burpees, sit up, dan squat jump. Lima menit saja cukup, kok.

    (Alvin Yoga / VP / Image: Outnow.ch)