Better You

5 Hal yang Anda Patut Lakukan Sebelum Berolahraga

  by: RedaksiCosmopolitan       14/1/2017
  • Mengakulah, hal-hal berikut pasti sering Anda lakukan: Melakukan after-lunch meeting dengan bekal snack yang banyak, membeli popcorn ukuran besar sebagai “teman” nonton bersama si dia, atau lebih memilih spaghetti bolognese sebagai menu dinner dibanding salad buah. Oh dear, kebiasaan ini akan membuat baju favorit semakin menyempit. Karenanya, sekaranglah saatnya untuk berolahraga! Agar kian maksimal, perhatikan lima hal berikut sebelum Anda mulai mengikat tali running shoes... Ready?

     



    Hindari Makanan Berserat

    Terpikir untuk memasukan brokoli, jagung, atau alpukat dalam daftar makanan sebelum berolahraga? That’s a big NO! Makanan tersebut mengandung serat tinggi yang dapat memperlambat pergerakan badan saat beraktifitas dan juga mengubahnya menjadi gas. Tidak lucu kan jika niat “mulia” Anda untuk mendapatkan tubuh ideal malah terhalang oleh adegan keluar-masuk toilet. Ugh!

     

    Perbanyak Protein dan Karbohidrat

    Saat berolahraga, tubuh dituntut untuk melakukan banyak gerakan serta keringat yang banyak. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan protein dan karbohodrat untuk memberikan energi pada tubuh saat mempersiapkan diri sebelum berolahraga, seperti roti, putih telur, keju, atau kentang.

    Minum Segelas Kopi



    Untuk Anda yang memiliki kecintaan dalam meminum kopi, here’s the fact: penelitian dari Australian Institute of Sport menyatakan bahwa satu cangkir kopi dapat memicu otot untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi dibandingkan karbohidrat. Dengan begitu, pembakaran lemak dapat meningkat hingga 100% apabila mengkonsumsi kafein sebelum olahraga.

     

    Mind Your Portion

    Ingat, ladies... Anda sedang mempersiapkan diri untuk berolahraga, jadi tetaplah konsumsi makanan dengan porsi secukupnya. Batasan kalori yang dibutuhkan badan untuk berolahraga sekitar 200 hingga 250. Makan dengan porsi berlebihan dapat membuat perut terasa sakit dan lesu.

     

    Istirahatkan Perut

    Setelah mengonsumsi makanan kebutuhan tubuh, saatnya beristirahat selama 30 menit sebelum memulai aktifitas olahraga. Hal ini dikarenakan setelah mengonsumsi makanan, perut membutuhkan waktu 10 hingga 30 menit untuk menyerap nutrisi dan memberikan oksigen dalam tubuh. Jika dipaksa berolahraga, maka akan merasakan kram karena perut dipaksa untuk menarik sendi sehingga akan menimbulkan perasaan tidak nyaman dan muntah. (Edited by Kezia Calesta / Jani / VP / Image: doc. iStockphoto/Thinkstock)