Better You

Cara Mendeteksi Kebohongan

  by: Muhammad Hafizh       4/1/2017
  • Lelah berhadapan dengan pembohong? simak tip dari Cosmo untuk cara mendeteksi kebohongan berikut ini!

    Mata

    Jika seseorang tidak jujur dengan Anda, mereka akan sebisa mungkin untuk menjauhi tatapan Anda. Mata mereka akan bergerak cepat menghindar untuk menatap objek lain. Hmm, perhatikan juga pupil mereka, yang akan membesar akibat efek adrenalin.




    Bahasa

    Pembohong terkadang terbata-bata saat berbicara. Mereka juga kerap berhenti sejenak di tengah-tengah kalimat, atau mengalihkan masalah karena mereka canggung. Ewww...


    Wajah

    Jika seseorang berbohong, mereka akan menarik-narik daun telinga atau menyentuh wajah, terutama hidung bagian bawah.


    Gerakan

    Jika seseorang berbohong, mereka akan mengeraskan bagian tubuh mereka atau mulai bertingkah gelisah, canggung atau menggigit bibir mereka. Perhatikan baik-baik ya!


    Pembicaraan

    Pinokio akan memberikan terlalu banyak detail saat berbicara, karena dia merasa ketakutan bahwa kebohongannya akan ketahuan. Mereka juga akan mengulang-ulang pertanyaan yang Anda tanya kepada mereka, tentunya untuk memberikan mereka waktu untuk berpikir, mencari cerita bohong baru yang bisa dipercaya.


    Kelakuan

    Seseorang yang tidak jujur akan menjadi defensif. So, saat Anda mencoba dan mengeluarkan pernyataan tidak setuju terhadap hal yang mereka katakan.




    Tangan

    Anda berprasangka bahwa sahabat Anda sedang berbohong? Coba lihat tangannya deh, mereka kemungkinan besar sedang bermain-main dengan jari-jarinya, dan menyembunyikan telapak tangan mereka dari Anda dengan mendudukinya atau menaruhnya di belakang punggung.


    Tindakan

    Jika seseorang tidak jujur dengan Anda, mereka kemungkinan akan menaruh objek di antara mereka dan Anda seperti tas atau bantal. Well, ini adalah sebuah cara tidak sadar untuk melakukan proteksi dan mencegah Anda untuk menemukan kebenaran.


    Napas

    Pembohong membutuhkan usaha lebih keras untuk bernapas. So, Anda dapat melihat mereka membuka bibir dan bernafas melalui mulut daripada hidung mereka.


    Suara

    Seseorang yang tidak jujur kerap menelan ludah untuk menetralkan tenggorokan kering atau mengubah nada suara mereka.


    (Calvin Hidayat / CosmoAustralia / VP / Image: doc. Instagram @dixondoesdoodles)