Love & Sex

6 Cara Deteksi Pria Yang Selingkuh

  by: Silvya Winny       16/1/2018
  • Enam tanda ini akan membantu Anda mendeteksi seorang pria yang tidak setia. Ah, selingkuh maksudnya!

    #1 Ia Selalu Menghilang

    Jika biasanya telinganya selalu terpasang untuk cerita-cerita sepele Anda tentang teman kantor yang menyusahkan hidup Anda, betapa kesalnya Anda pada hasil potongan stylist rambut yang baru Anda coba, sampai ke selebrasi berlebihan gara-gara Anda berhasil menaklukan angka 3K di treadmill, namun sekarang ia tidak lagi menyimak baik cerita-cerita tadi. Rasanya adil bila Anda berasumsi kalau pikirannya sedang melayang ke tempat lain. Terutama jika baru seminggu yang lalu ia memberi perhatian full ke Anda. “Tanda pertama yang bisa Anda kenali adalah ketika mereka menarik diri dari hubungan,” ujar pakar relationship dan seksolog Dr. Nikki Goldstein. “Ini pertanda mereka secara emosional diambil oleh orang lain.”
    “Hubungan saya tiba-tiba beralih pada dia dan semua kemauannya,” curhat Emma*, 27 tahun, saat pertama kali melihat perubahan pada kekasihnya. “Saya bukan bilang ia kehilangan interest, tapi ia mendadak jadi jarang SMS, tidak menanyakan kabar saya sesering biasanya, dan sulit untuk tahu aktivitas yang ia lakukan. Bahkan ia membuat rencana weekend sendirian tanpa mengajak saya. Tidak lama, seorang teman dari lingkungan pertemanannya cerita ke saya soal apa yang ia lakukan di sebuah pesta yang ia datangi tanpa saya. Sejak itu, selesai sudah. Semuanya.”



     

    #2 Jadi Sangat Rapi

    Biasanya ia meletakkan barang-barang pribadinya di mana-mana, sekarang Anda tidak bisa menemukan di mana iPad, ponsel dan laptop, yang biasanya ada di tempat-tempat yang mudah tertangkap mata seperti di sofa, tempat tidur, kamar mandi. Bisa jadi ia khawatir kalau-kalau ada pesan yang tak diharapkan dari seseorang muncul. Dan oh, waktu ponselnya di-charge? Layarnya ia hadapkan ke bawah. Gia*, 32 tahun, cerita bahwa mantannya bahkan sangat penuh persiapan, “Dia tiba-tiba sering tidak membawa ponselnya saat datang ke rumah saya. Ia sengaja meninggalkannya di mobil,” curhatnya, “mendadak jadi makin sering tertinggal. Bahkan ia bisa berjam-jam bersama saya, tanpa memegang ponsel. Saya bisa mencium, pasti ada sesuatu yang ia sembunyikan, deh.”

     

    #3 Kehidupan Seks Berubah Drastis

    Jika pasangan Anda mendapatkan itu di tempat lain, tenaganya mungkin saja terkuras habis saat bertemu Anda dan itu sebabnya intensitas seks Anda bak terjun bebas ke jurang. Atau malah, saat mereka ingin lebih, itu pertanda kalau gairahnya baru saja terpompa yang masih membuat ia tetap turn on. “Pernah malam itu, mantan saya berubah dari yang tidak pernah ingin bercinta tiba-tiba bisa muncul seperti pria yang sedang in love dan minta dua ronde permainan ke saya. Benar-benar minta!” ujar Charlotte, 29 tahun. Awalnya saya kira, 'yaay, hubungan saya masih bisa berubah!' tapi momen itu berbarengan dengan masuknya Jess*, teman kantor barunya, seorang wanita cantik, yang tak pernah berhenti ia bicarakan saat pulang kantor. Ia pikir saya menganggapnya angin lalu dan (mungkin) berpikir bisa menyembunyikan ketertarikannya pada wanita itu, tapi tidak. Sangat jelas saya melihat ia seperti punya “kesenangan” baru dalam hidup.” Maka wajar kalo Anda pun menaruh rasa curiga saat tiba-tiba ia mengajarkan Anda posisi kinky yang tak pernah Anda lakukan berdua sebelumnya. Menurut Dr. Goldstein, saat Anda menyadari ada perubahan drastis di hubungan itu, Anda boleh mempertanyakan padanya apa alasannya.

     

    [Baca Juga Artikel: Tips Agar Pasangan Tak Selingkuh]

     



    #4 Berubah Tiba-Tiba Royal

    Ulang tahun Anda masih 10 bulan lagi, tapi ia memberi hadiah saddle bag Chloe impian tanpa sebab apa, tanpa Anda minta-minta padanya, untuk pertama kalinya sepanjang hubungan? Saat pria berbuat salah, mereka punya tendensi untuk menebus perbuatannya dengan sesuatu, apapun itu. “Para cheaters lebih terbeban saat tahu mereka salah, dan akan mencari cara untuk memperbaikinya,” ujar Dr. Goldstein. “Memang tidak menyenangkan, tetapi Anda tidak ingin mempertanyakan jika seseorang melakukan hal baik untuk alasan yang buruk,” tambahnya lagi. Okay, bagus apabila ia membawa kado itu karena ulang tahun Anda, dan karena ia baru saja naik gaji. Beberapa pria bisa menghadiahi kekasihnya tanpa sebab, tapi jika Anda tidak pernah melihat sikapnya kelewat baik seperti ini, then we smell something fishy.

     

    #5 Ia Jadi Sangat “Ganggu”

    Jika ia memulai pertengkaran dan mulai menuduh Anda yang tidak-tidak (dalam hal ini, tidak setia), biasanya itu karena si dia mulai dihinggapi paranoia “Kalau saya melakukan itu, ia pasti begitu juga” atas perbuatannya. “Waktu awal-awal kencan dengannya, dia tidak pernah cemburu,” ujar Sarah, 23 tahun. “Saya bisa pergi ke klub dengan sahabat dan ia membebaskan saya pergi. Saat bulan ke tiga dan empat, ia selalu bertanya setiap tujuan saya. Malah untuk pergi ke supermarket sendirian, hujan WhatsApp-nya tidak berhenti untuk tanya hal sepele: kamu dimana, sama siapa, kapan sampai di rumah. Beberapa minggu kemudian, seorang teman menelepon saya memberitahu melihat si dia mencium wanita lain, saat saya sedang sibuk acara kampus. Setelah melihat lagi ke belakang, tanda-tandanya terlihat. Pantas saja ia mau tahu terus keberadaan saya supaya ia tidak tertangkap basah kala bertemu dengan wanita barunya itu.” 

     

    [Baca Juga Artikel: Alasan Pria Mengapa Mereka Selingkuh]

     

    #6 Sikapnya Makin Sulit Dikontrol

    Siapapun tahu ya, pria yang terpengaruh alkohol dan obat-obatan pasti dapat melakukan apa yang mereka inginkan tanpa pikir apa akibatnya. “Kami sudah pacaran dua tahun, punya tabungan bersama, hampir menikah, namun di tengah jalan ia ingin lanjut S2,” cerita Lauren tentang kekasihnya yang selingkuh dulu. “Tidak lama sejak itu, ia meminta untuk break satu bulan. Butuh waktu, katanya. Saya tahu, arti 'butuh waktu' buatnya itu  adalah ia bisa bebas minum dan pulang larut setiap malam tanpa harus lapor ke saya.” Cerita masih berlanjut sampai Lauren menilik ponsel kekasihnya dan menemukan hal mencengangkan. Ia terkejut mengetahui ternyata kelakuan seks kekasih sudah kelewat batas. “Ada foto-foto Mr. Happy di ponselnya yang tidak pernah ia kirim ke saya. Gak tahu deh ia kirim ke siapa,” curhatnya. Sejak itu, keanehan kekasihnya makin terlihat dan ia memutuskan untuk mengakhiri hubungannya. (Silvya Winny / Image: Shutterstock)