Better You

5 Vitamin Terpenting untuk Kesehatan Wanita

  by: Kezia Calesta       25/1/2018
  • Olahraga memang dapat membantu menyehatkan tubuh, namun vitamin juga dibutuhkan untuk memberikan kebaikan-kebaikan yang dibutuhkan dari dalam. Jika Anda ingin memiliki sistem imun tubuh yang kuat dan kulit yang sehat, simak 5 vitamin terpenting yang paling bermanfaat untuk tubuh Anda!

     

    Vitamin A



    Dengan kandungan antioksidan, wanita dari segala umur membutuhkan vitamin A.

     

    Manfaat vitamin A:

    • Menguatkan tulang dan gigi
       
    • Mengurangi risiko penyakit kronis
       
    • Memperbaiki penglihatan mata
       
    • Melambatkan proses penuaan
       
    • Memperkuat sistem imun tubuh

     

    Makanan yang kaya akan vitamin A: wortel, melon, labu, aprikot, tomat, semangka, brokoli, jambu, papaya, paprika merah, telur.

     

    [ BACA JUGA: Cek 5 Hal Tentang Kesehatan Ini Sebelum Traveling ]

     

    Vitamin B2

    Vitamin yang sering dikenal dengan nama riboflavin ini sangat penting, karena kurangnya asupan vitamin B2 dapat berdampak ke penurunan metabolisme, sistem imun, dan fungsi saraf.

     

    Manfaat vitamin B2:

    • Mendukung pertumbuhan tubuh
       
    • Menambah energi
       
    • Mengurangi stres dan kelelahan

     

    Tanda-tanda berikut menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin B2:

    • Mata dan lidah pucat
       
    • Sakit tenggorokan
       
    • Sariawan mulut
       
    • Bibir pecah-pecah
       
    • Rambut kering
       
    • Keriput
       
    • Kulit gatal

     

    Makanan yang kaya akan vitamin B2: keju, susu, yoghurt, sayuran berdaun, telur, kacang kedelai & almond, jamur.

     

     

    Vitamin C

    Mungkin Anda akan mencari vitamin C ketika Anda merasa akan jatuh sakit. Namun jika dikonsumsi setiap hari, keuntungannya pun akan bertambah.

     

    Manfaat vitamin C:

    • Mempercepat proses penyembuhan
       
    • Membantu pertumbuhan jaringan tubuh
       
    • Menurunkan risiko kanker
       
    • Mengurangi risiko penyakit jantung

     



    Dapatkan vitamin C dari makanan-makanan ini: brokoli, kiwi, jeruk, paprika, kentang, stroberi, tomat, tumbuhan bertunas.

     

    [ BACA JUGA: 20 Alasan untuk Minum Air Lemon Setiap Pagi ]

     

    Vitamin D

    Vitamin yang larut dalam lemak ini membantu tubuh menyerap kalsium. Tanpa vitamin D, nantinya tulang Anda akan lebih mudah terkena osteoporosis.

     

    Manfaat vitamin D:

    • Menguatkan tulang
       
    • Menurunkan risiko sklerosis, radang sendi dan beberapa tipe kanker
       
    • Mengurangi sakit sebelum haid
       
    • Melindungi kesehatan mata

     

    Makanan yang kaya akan vitamin D: ikan berlemak, susu, hati, telur. Berjemur di matahari selama 10-15 menit juga dapat memberikan tubuh vitamin D yang dibutuhkan, lho.

     

    [ BACA JUGA: 7 Alasan Mengapa Seks Baik untuk Kesehatan Tubuh ]

     

    Vitamin E

    Inilah vitamin yang memiliki properti anti-aging! Vitamin E juga penting untuk kulit dan rambut.

     

    Manfaat vitamin E:

    • Memberantas kerusakan sel
       
    • Mencegah penyakit jantung dan beberapa tipe kanker
       
    • Memperlambat proses penuaan
       
    • Mencegah katarak dan hilang ingatan

     

    Dapatkan vitamin E dari makanan-makanan ini: bayam, kacang almond & hazelnut, minyak ikan, minyak jagung, selai kacang, biji bunga matahari.

     Jika Anda jarang mengkonsumsi buah atau sayuran, pertimbangkan multivitamin, ok?

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock)