Lifestyle

Lagu Ini Selalu Ada di Setiap Season Black Mirror, Lho!

  by: Arinda Christy       1/1/2018
  • [A 'lil bit Spoiler Alerts]

    Jika Anda merupakan salah satu fan yang suka dengan film seri fiksi ilmiah Black Mirror (yang adiktif sekaligus depresif karena kritik sosial yang kencang di dalamnya), pasti mengerti lagu apa yang Cosmo maksud. Nah, di season terbarunya yang ke-4, Charlie Brooker, penulis cerita untuk film seri ini kembali memasukan lagu milik Irma Thomas yang berjudul “Anyone Who Knows What Love Is (Will Understand)” di salah satu episodenya. Penulis beraliran Satire asal Inggris ini memang sengaja mengulang kehadiran lagu ini di setiap season, seperti layaknya pada episode “Fifteen Million Merrits,” pada season 1, “White Christmas,” di season 2, “Men Against Fire,” pada season 3, dan terakhir “Crocodile” di season 4.



     

     

    "You can blame me, try to shame me, and still I'll care for you . . ." Ring a bell?

     

    Jujurnya saat kemarin perdana menonton season 4 yang sudah ditunggu-tunggu di Netflix, Cosmo sempat sedikit lupa akan adanya benang merah lagu ini di setiap season. Hingga akhirnya tiba pada episode “Crocodile” ini. But it's a good thing. Karena begitu mendengar kembali lagu ini, rasanya seperti ada yang memicu memori tentang seberapa emosionalnya (dan depresif) kita saat menonton season Black Mirror dari season 1 sampai 3.



     

    Dok. www.wikipedia.org

    Menurut penjelasan Brooker yang Cosmo kutip dari Popsugar, pengulangan lagu ini berawal dari pemilihan kreatif di season 1 saat Jessica Brown Finlay yang memerankan karakter bernama Abi menyanyikan lagu ini di sebuah kontes reality show bernama Hot Shot. Di cerita ini, ia berharap bahwa kontes tersebut bisa menjadi jalan keluar dari kehidupannya yang gelap dan akhirnya merepresentasikan emosinya pada lagu miliki Irma Thomas ini. “Lagu ini memang awalnya dipilih untuk berada di dalam episode “Fifteen Million Merits” karena memiliki kemampuan klasik untuk menghantui pendengarnya,” ujar Brooker pada The Wrap. Hal tersebut akhirnya dipakai oleh Brooker untuk menyatukan keempat season dari Black Mirror di sebuah dunia artistik miliknya dan memberikan pengaruh emosional pada para penonton. Karena seperti Anda tahu, setiap episode di film seri ini memang tidak ada hubungannya satu sama lain.

    Nah, jika penasaran sama lagunya dan mengembalikan memori Anda tentang beberapa episode depresif dari Black Mirror, silakan dengarkan versi asli dari “Anyone Who Knows What Love Is (Will Understand)” milik Irma Thomas di bawah ini. Enjoy!

     

    (Arinda Christi/Image: Dok. Netflix, Youtube, www.wikipedia.org)