Beauty

Seberapa Sering kah Anda Harus Memotong Rambut?

  by: Ainjia Phioltia Paat       8/1/2018
  • Untuk menjaga gaya rambut agar tetap rapi dan cantik, sebaiknya Anda rutin memotong ujung rambut atau trim secara rutin. Namun, kapan sih sebaiknya rutinitas ke hairstylist untuk merapikan rambut dilangsungkan? Tiap sebulan sekali? Per 6 minggu? Atau setelah 3 bulan? Hmm, ternyata jawabannya tak selalu sama, lho. Beda tekstur dan potongan rambut, beda juga jarak waktunya. Silahkan lanjutkan membaca biar tahu lebih lanjut!


    Tiap 2 minggu sekali:

    Untuk poni!
    Bila poni Anda menyamping, atau wispy, Anda memiliki waktu yang lebih fleksibel. Tetapi, bila poni Anda tebal, lurus dan blunt, rapikan tiap 2 minggu sekali agar tampilan tetap ciamik.




    4 minggu atau sebulan sekali:

    1. Untuk si rambut pendek!
    Pixie, bowl cut, undercut…. Semua potongan pendek butuh komitmen bila Anda ingin tatanannya tetap fabulous. Well, buat jadwal potong rambut dengan hairsylist Anda sebulan sekali lebih mudah dibanding jadwal 6 atau 10 minggu sekali, kan?

    2. Bila rambut Anda sedang rusak.
    Memang tak ada cara lain untuk mengembalikan rambut yang telah rusak akibat proses kimiawi seperti bleaching, cat, atau perm, namun men-trimnya sebulan sekali akan memangkas ujung rambut yang rusak dan memberi waktu bagi akar yang sehat untuk tumbuh.


    4 hingga 6 minggu sekali:

    Untuk rambut tipis yang lurus atau bergelombang.
    Rambut dengan diameter kecil terkadang memang menyebalkan. Bisa terlihat indah berminggu-minggu, namun dalam sekejap terlihat lemas dan lifeless. Rambut bertekstur halus butuh dirapikan secara rutin tanpa memotong terlalu banyak. Baiknya Anda menunggu minimal 4 minggu, dan tak lebih dari 6 minggu untuk menjaga bentuk dan gayanya.


    6 minggu atau 1 ½ bulan sekali:

    1. Bila Anda memiliki potongan layer asimetris atau tak beraturan.
    Di minggu pertama, layer akan terlihat bertekstur. Minggu keempat, layer akan terlihat seksi. Bulan kedua, layer akan terlihat mulai berantakan dan tak rata. So, jika Anda memilih potongan rambut dengan banyak layer, pastikan Anda men-trimnya tiap 6 minggu sekali ya!

    2. Gaya bob atau lob.
    Potongan clean dan tajam akan memanjang dengan rapi, jadi potongan bob A-line atau geometris tanpa potongan berlapis di tengkuk Anda aman, bisa ditrim tiap 6 minggu sekali. Potongan rambut ini biasanya tak memiliki layer di puncak kepala jadi tak perlu pusing tatanan kehilangan volume!




    Tiap 6 hingga 8 minggu sekali:

    1. Untuk si long layers.
    Long layers adalah satu-satunya gaya rambut yang membutuhkan trim tiap 6-8 minggu, menurut para hairstylist. Jangka waktu tersebut pas untuk menumbuhkan rambut dan menjaganya tetap rapi membingkai wajah.


    8-12 minggu atau 2 sampai 3 bulan sekali:

    1. Bila rambut Anda ikal sedang atau keriting halus.
    Rambut ikal kebanyakan sehat karena pemilik rambut jenis ini lebih rajin untuk menjaga rambut mereka agar tetap terhidrasi dengan baik, jadi trim tiap 2-3 bulan sekali adalah keputusan yang baik. Namun, untuk Anda yang memiliki rambut keriting halus, sebaiknya potong rambut tiap 8 minggu sekali karena semakin panjang rambut keriting tanpa volume, semakin terlihat tipis dan berantakan.

    2. Untuk si rambut panjang bergelombang atau lurus.
    Jika Anda merawat rambut panjang Anda serajin Anda merawat kulit wajah, yaitu rutin mengaplikasikan masker, mengurangi sentuhan dengan suhu panas, maka Anda bisa menunggu 8 hingga 12 minggu sebelum kembali ke salon langganan lagi. Gaya rambut ini tak high maintenance dan bila Anda merawatnya dengan benar maka rambut Anda tak akan mudah pecah atau patah-patah.


    Tiap 12 minggu atau 3 bulan sekali:

    1. Untuk Anda si virgin hair.
    Yes, bila Anda salah satu dari wanita yang tak pernah mencat, membleach, mengeriting, meluruskan rambut DAN jarang menggunakan alat styling bersuhu tinggi, DAN berumur awal 20an, maka Anda salah satu yang dapat merapikan rambut tiap 3 bulan sekali tanpa rambut akan terlihat berantakan.

    2. Untuk rambut keriting yang berat, atau kasar dan kecil-kecil.
    Untuk tekstur rambut jenis ini, sebaiknya trim 4 kali dalam setahun. 3 bulan adalah waktu yang pas untuk menghindari ujung pecah-pecah atau kusut. Bila Anda ingin memanjangkan rambut, minta stylist Anda untuk menggunting sekitar ½ cm tiap 3 bulang. Dengan cara ini, maka rambut yang tumbuh akan lebih panjang dari yang digunting.

    (Ainjia Paat/Image: Federico Marsicano/123RF.com)