Better You

Oh No, Minum Kopi di Pagi Hari Berbahaya Buat Tubuh!

  by: Hana A. Devarianti       16/1/2018
  • Coba deh, berapa kali Anda memulai hari dengan segelas kopi? Rasanya paling tidak lima hari, mengigat kopi adalah "bahan bakar" untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Buat kebayanyakan orang, yang mungkin termasuk pula Anda, kopi harus menjadi hal pertama yang dikonsumsi. Prioritas minum kopi mengalahkan sarapan. Hayo, akui saja, kadang Anda memilih untuk minum kopi dibandingkan sarapan, kan?

     

    Namun, ternyata minum kopi saat perut kosong bisa menganggu kesehatan, terutama buat Anda yang sering mengalami perut kembung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Centre for Biotechnology Informasi mengungkapkan bahaya kopi (termasuk pula yang decaf) bagi lapisan lambung. Para peneliti menemukan kalau kopi bisa meningkatkan asam pada lambung yang jadi penyebab dari gejala kembung, gangguan pencernaan, dan mulas.



     

    Tidak hanya itu, Dr. Adam Simon, chief medical officer di  PushDoctor, menuturkan kalau minum kopi saat perut kosong dapat membuat tubuh dehidrasi. Efeknya, detak jantung pun jadi tidak teratur.  Hal ini kemudian bikin jantung Anda bekerja lebih keras dan ujung-ujungnya mempengaruhi tekanan darah.

     

    "Terlalu banyak kafein dapat membuat Anda gugup, gemetar, dan berbagai efek buruk lainnya, termasuk perubahan mood," ujar Dr. Adam Simon.

     



    Dampak buruk lainnya dari minum kopi di pagi hari adalah kopi bisa menganggu jam tubuh alami Anda. Seperti yang dikatakan oleh POP SUGAR, tubuh akan melepaskan hormon kotisol paling banyak pada pukul 8 sampai 9 pagi untuk memastikan Anda terbangun sepenuhnya. Nah, minum kopi di pagi hari adapat menganggu proses alami ini dengan menurunkan kadar kortisol. Ini Anda bergantung pada kopi untuk tetap terjaga. Ummmh... Tidak heran Anda tidak bisa "berfungsi" kalau belum minum kopi.

     

    Jadi, saran Cosmo daripada menjadikan kopi sebagai minuman "pembuka" mengapa tidak minum air mineral saja? Air mineral bisa mengembalikan cairan tubuh, dan kalau ditambah sedikit perasan lemon Anda juga dapat merasa lebih segar karena kandungan vitamn C pada lemon bisa mengurangi stres. Selain itu, jangan lupa sarapan terlebih dulu ya kalau ingin minum kopi.

     

    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com/uk. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image:  akz©123RF.com. Perubahan telah dilakukan oleh editor.)