Celebrity

Hiks, Ini 7 Artis K-Pop yang Akan Wajib Militer di 2018

  by: Alvin Yoga       19/1/2018
  •  
    Di tahun 2017 kemarin, sederet artis terkenal Korea Selatan seperti Lee Min-ho dan Kim Soo-hyun akhirnya memutuskan untuk melakukan tugas negara mereka. Yup, wamil atau wajib militer merupakan kewajiban bagi para pria Korea Selatan berusia antara 19-30 tahun, dan biasanya berlangsung selama dua tahun. Tak pandang bulu, peraturan ini juga diberlakukan bagi seluruh profesi, termasuk para artis.
     
    Sayangnya, baru-baru ini, pemerintah Korea Selatan mengeluarkan sebuah peraturan baru bagi para selebriti yang akan menjalani wajib militer. Kasus penggunaan obat-obatan terlarang yang sempat menimpa personel BIGBANG, T.O.P., ketika sedang wajib militer, membuat pemerintah Korea Selatan harus mengumumkan larangan bagi para selebriti untuk memilih menjadi polisi dalam tugas wamil mereka. Yup, polisi tidak akan lagi ada dalam daftar pilihan bagi selebriti yang wamil mulai tahun 2018 ini. Dengan kata lain, bisa dipastikan para selebriti tersebut hanya akan melaksanakan penugasan aktif atau active duty sebagai tentara di angkatan militer, atau pilihan lainnya adalah bekerja di instalasi militer. Nah, di tahun 2018 ini, ada sederet penyanyi K-Pop yang akan menjalankan kewajiban mereka. Siapa saja yang akan absen dari konser dan layar kaca? Ini daftarnya.
     
    Onew (SHINee)
     
     

    A post shared by 오뉴 (@dlstmxkakwldrl) on

     
    Dengan berbagai kejadian yang dialami oleh leader boyband SHINee belakangan ini - kehilangan salah satu personil dan kerabat dekatnya, Kim Jong-hyun, yang kemarin sempat mengagetkan dunia karena keputusannya untuk bunuh diri, serta kasus pelecehan seksual yang dilakukannya - banyak fans yang menyarankan agar pria kelahiran 1989 ini mengambil istirahat sejenak dari dunia hiburan dan fokus terlebih dahulu dengan wajib militernya. Belum ada kabar terbaru dari pihak Onew, maupun manajemen SHINee dan SM Entertainment mengenai keputusan wamil-nya di tahun ini. Jika ia benar mengikuti wajib militer, maka anggota SHINee yang bertahan hingga Onew menyelesaikan tugasnya hanyalah tinggal tiga orang. Meski begitu, Onew dan anggota SHINee lainnya telah sepakat untuk menyelesaikan terlebih dahulu tur konser mereka di Jepang hingga akhir Februari nanti.
     
    Wooyoung (2PM)
     
     

    A post shared by real_2pmstagram (@real_2pmstagram) on

     
    Penyanyi yang baru saja angkat bicara mengenai depresi yang ia alami ini dikabarkan akan segera menyusul rekan satu grupnya, Taecyeon, yang sudah terlebih dahulu mengikuti wajib militernya tahun lalu. Penyanyi bernama asli Jang Woo-young ini kabarnya memang akan segera mengikuti program wajib militernya tahun ini, setelah ia akhirnya memperpanjang kontraknya dengan JYP Entertainment.
     
    G-Dragon (BIGBANG)
     
     

    A post shared by 권지용 (@xxxibgdrgn) on



     
    Setelah dirumorkan sempat berkali-kali mengulur waktu wamil, musisi kelahiran tahun 1988 ini sepertinya sudah tidak bisa lagi menunda waktu wamil-nya. Menjelang umur 30 tahun, penyanyi bernama asli Kwon Ji-yong atau yang lebih dikenal dengan G-Dragon ini dipastikan akan mengikuti kewajiban negaranya pada awal tahun 2018 ini. Tak hanya G-Dragon, anggota BIGBANG yang lain, Taeyang dan Daesung juga dikabarkan akan mengikuti wajib militer tahun ini.
     
    Jung Yong-hwa (CNBLUE)
     
     

    A post shared by 정용화 (@jyheffect0622) on

     
    Sang flowerboy kelahiran tahun 1989 ini sepertinya memang harus mengambil istirahat serta fokus pada wajib militernya. Bahkan, Yong-hwa sendiri sempat mengatakan bahwa ia sudah tak bisa lagi menunda tugas tersebut. Apalagi belakangan ini sang vokalis sekaligus leader dari band CNBLUE tersebut baru saja terkena kasus nepotisme atas pendaftaran program doktoralnya di Universitas Kyung Hee sehingga admisinya terpaksa harus dicabut. Hmm, sepertinya Yong-hwa benar-benar harus mengambil wajib militer terlebih dahulu baru kemudian melanjutkan karier dan pendidikannya. Setuju?
     
    Taeyang (BIGBANG)
     
     

    A post shared by TAEYANG (@__youngbae__) on



     
    Melihat dari batas umur, penyanyi bernama asli Dong Young-bae ini sepertinya sudah tidak bisa menunda tugas wajib militernya. Meski begitu, Taeyang kabarnya akan terlebih dahulu melangsungkan pernikahannya dengan artis cantik Min Hyo-rin di awal bulan Februari nanti sebelum akhirnya mengikuti program militernya. 
     
    Junho (2PM)
     
     

    A post shared by real_2pmstagram (@real_2pmstagram) on

     
    Seperti halnya dengan Wooyoung, anggota 2PM lainnya Lee Jun-ho atau yang lebih dikenal dengan nama Junho ini kabarnya akan mengikuti wajib militernya tahun ini. Pria kelahiran 25 Januari 1990 ini sepertinya memang sudah mendapat mandat bahwa 2018 akan menjadi tahun terakhirnya untuk mendaftarkan diri pada program wajib militernya.
     
    Daesung (BIGBANG)
     
     
    Daesung kabarnya akan menjadi anggota terakhir BIGBANG di tahun ini yang akan menjalankan program militernya, meski Seungri juga kabarnya akan segera menyusul secepatnya. Hal ini ia sampaikan secara langsung di tengah konsernya di Jepang beberapa waktu lalu, meski Daesung sendiri belum memutuskan secara pasti di bulan apa ia akan menjalaninya.
    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Instagram.com)