Beauty

13 Tips Memanjangkan Rambut Sehat dan Efisien!

  by: Ainjia Phioltia Paat       21/1/2018
  • Terakhir potong rambut terlalu pendek dan Anda ingin memanjangkannya kembali? Atau Anda terinspirasi Kim Kardashian dan ingin punya rambut sepanjang pinggul? Apa pun itu, lanjutkan baca artikel ini untuk tips memanjangkan rambut secara cepat dan efisien!

    1. Sabar!
    Memanjangkan rambut tak bisa hanya dalam semalam. “Rambut biasanya tumbuh sekitar ¼ inci hingga ½ inci per bulan, dan itu bila rambut Anda amat sehat dan tak memiliki ujung pecah-pecah” jelas Mark Townsend, hairstylist yang membantu Ashley Olsen untuk memanjangkan bob asimetrisnya hingga melewati pinggang. So just be patient!

    2. Gunting adalah sahabat Anda
    Yup, memotong ujung rambut secara rutin memang tak buat rambut tumbuh lebih cepat, namun akan menjaga ujung rambut tetap sehat dan mencegah ujung yang rusak untuk merambat ke bagian atas. "Ini yang akan menyebabkan rambut patah di bagian tengah dan buat rambut jadi lebih pendek dibanding kalau Anda mentrimnya secara rutin”, ucap Townsend. Ia menyarankan agar Anda meminta hairstylist untuk menggunting 1/8 inci tiap 10 hingga 12 minggu untuk mencegah split end berkembang.



    3. Gunakan kondisioner tiap mencuci rambut
    “Anda butuh mengenakan kondisioner tiap rambut Anda basah,” ucap Townsend. “Lama kelamaan, helai rambut Anda akan makin tipis di bagian ujung, akibat proses cat dan heat styling. Kondisioner membantu menggantikan lipid dan protein yang ada di dalam batang rambut, dan mengunci kutikula untuk membantu mencegah kerusakan, juga memastikan rambut tumbuh sehat dan panjang.”

    4. Jangan kenakan shampoo tiap Anda mandi!
    “Saya sering terkejut mengetahui banyak wanita yang tak mengenakan kondisioner saat keramas, yang merupakan hal terburuk yang bisa Anda lakukan pada rambut Anda – apalagi bila sedang ingin memanjangkannya! Yang harusnyta Anda hindari sesering mungkin itu justru sampo,” jelas Townsend. This is why: Tujuan sampo adalah untuk mengangkat kotoran dan sisa produk styling di rambut, namun sampo juga bisa mengangkat minyak natural yang menjaga helai tetap lembut dan sehat. Bila Anda benar-benar butuh berkeramas, cukup aplikasikan di kulit kepala dan biarkan busanya melewati helai rambut saat Anda membilasnya.

    5. Gunakan air dingin di tiap akhir keramas
    “Hal ini membantu menumbuhkan rambut dan menjaga rambut panjang lebih sehat tahan lama,” jelas Townsend. “Air dingin melembutkan dan menidurkan lapisan luar rambut, yang artinya membantu mencegah hilangnya kelembapan, dan kerusakan karena heat styling. Anda hanya butuh melakukan hal ini selama beberapa detik, namun langkah ini bisa buat perbedaan yang besar bila dilakukan secara rutin.”

    6. Kenakan minyak ata masker tiap minggu
    Rambut yang menyentuh bahu atau lebih panjang lagi artinya telah berumur 2 hingga 3 tahun. Rambut tersebut membutuhkan perawatan lebih, tak cukup hanya dengan pengenaan kondisioner! “Saya merancang oil treatment khusus dan membagikannya pada klien-klien saya untuk digunakan sebelum mereka berkeramas,” kata Townsend. (Ingin mencoba? Ini resepnya: 1 mangkok kecil coconut oil, dicampur dengan 1 sendok makan kacang almond, macadamia, dan minyak jojoba.) Karena minyak meninggalkan sisa di rambut, maka Townsend berpesan untuk mengaplikasikan minyak tersebut di rambut basah, tinggalkan selama 10 menit, lalu keramas dan kenakan kondisioner secara normal. “Minyak tersebut bisa mengisi helai rambut dengan fatty acid, dan saat rambut dicuci dengan sampo, maka fatty acid akan terkunci di dalam rambut, jelas Townsend. Kate Bosworth, Diane Kruger, Ashley dan Mary Kate Olsen adalah penggemar minyak ciptaannya!

    7. Coba suplemen khusus rambut
    Tubuh Anda membutuhkan gizi untuk menciptakan rambut atau menumbuhkannya, dari protein hingga minyak mineral. Perhatikan asupan makan Anda, karena walau mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang membantu, bisa saja vitamin yang Anda butuhkan untuk menumbuhkan rambut panjang dan indah tak cukup! “Saya mengonsumsi tablet biotin tiap hari dan memberitahu klien-klien saya untuk menggunakannya juga, apalagi bila mereka mau menumbuhkan rambut yang sehat mulai dari ujung folikel,” papar Townsend. Sebelum mulai mengonsumsi suplemen, ada baiknya konsultasi dulu dengan dokter Anda untuk memastikan Anda mengonsumsi takaran yang tepat dan tak mengganggu obat lainnya yang Anda konsumsi bersamaan.

    8. Sisir rambut Anda seperti terbuat dari emas
    Menyisir rambut terlalu lama dan sering akan merusak rambut. “Saat Anda mengurai rambut basah, pastikan Anda memulai dari dasar dan pelan-pelan naik ke batang. Biasanya kita akan menyisir dari kulit kepala, yang malah akan menyatukan kekusutan dan buat rambut jadi patah-patah saat Anda paksakan sisir.” Menurut Townsend, gunakan boar bristle brush karena lembut dan bisa membantu menyebarkan minyak natural dari kulit kepala hingga batang rambut.



    9. Ganti sarung bantal katun Anda!
    Townsend merekomendasi mengganti dengan yang sutra atau satin karena lebih lembut permukaannya dan tak menciptakan gesekan yang terjadi dengan bahan katun ke rambut. Dengan begitu, rambut Anda tak begitu kusut saat bangun di pagi hari!

    10. Jangan pernah menggulung rambut dalam handuk besar!
    Hmm, ternyata hal ini memiliki akibat buruk pada rambut! Kebiasaan ini membuat rambut patah-patah! Pilih handuk yang amat tipis dengan bulu microfiber yang halus bila Anda tetap ingin mempraktekkan kebiasaan ini.

    11. Ganti posisi kuncir Anda
    Opsi mudah ini akan menjaga kekuatan helai rambut secara seimbang untuk mencegahnya patah di tempat yang sama.

    12. Bila Anda memiliki rambut yang di bleached, atau rambut kering dan mudah patah, hindari penggunaan karet rambut.
    Rambut yang diikat bisa patah di titik dimana karet diletakkan di rambut. Bila Anda butuh mengikat rambut karena mau olahraga atau udara amat panas di luar, satukan rambut jadi cepol dan jepit dengan claw clip, bobby pin atau jepit besar.

    13. Beri rambut Anda istirahat dari hot tools dan bahan kimia yang menyebabkan kerusakan. Semakin sehat rambut Anda, akan semakin cepat panjangnya!

    Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com. Foto: Instagram Kim Kardashian.