Career

Tips Untuk Berbicara di Kantor dengan Percaya Diri

  by: Kezia Calesta       25/1/2018
  • Apakah Anda tidak berani menyuarakan ide di tempat kerja? It's time to change that attitude! Praktikkan empat tip ini agar Anda bisa berbicara dengan percaya diri.



     

    Show your strengths.

    Sebelum Anda meragukan diri sendiri, ingat prestasi yang sudah Anda capai sepanjang masa karier. Jangan takut untuk menunjukkan kompetensi Anda, dan jangan malu untuk berbagi pengetahuan. Dengan begitu, rekan kerja dan bos pun akan melihat kemampuan dan kompetensi Anda. Own yourself, girl!

     

    Always prepare ahead.

    Siapkan tema dan poin-poin yang ingin dibahas sebelum hari-H agar Anda memiliki waktu untuk brainstorming. Kalau bisa, tambahkan juga fakta dan riset untuk mendukung ide Anda, dan perhatikan nada dan suara saat berbicara.

     



     

    Don't over-sensor yourself.

    Bila Anda terlalu banyak berpikir negatif sebelum memberikan ide, pada akhirnya Anda pasti tidak akan berani berbicara sama sekali. Ladies, latih diri sendiri untuk menyuarakan ide saat rekan-rekan sedang berdiskusi, dan Anda pun akan lebih terbiasa untuk menjadi aktif.

     

    Channel your inner boss.

    Jangan menganggap remeh ide Anda sendiri! Siapa bilang Anda tidak boleh memberikan persepsi yang berbeda? Stand firm with your own ideas, namun jangan lupa untuk mendengarkan saran orang lain. Siapa tahu Anda akan mendapatkan inspirasi baru!

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. outnow.ch)