Career

Mengalami Gangguan Saat Online Interview? Ini Tipsnya!

  by: Alvin Yoga       26/1/2018
  • Ada banyak gangguan yang bisa terjadi ketika Anda sedang online interview. Mulai dari komputer Anda yang baterainya habis, laptop yang freeze, suara yang tidak jelas terdengar, koneksi yang payah, dan sebagainya. Nah, untuk mengakali hal tersebut, sebaiknya Anda persiapkan beberapa hal berikut mulai dari sekarang.
     
    Koneksi Anda tiba-tiba terputus
    Well, teknologi memang terkadang tak dapat ditebak. Jika hal ini terjadi pada Anda, tunggu hingga sang pewawancara menghubungi Anda kembali. Namun jika sudah lima menit dan Anda tak mendapat panggilan, segera hubungi sang pewawancara dan jangan lupa untuk minta maaf atas gangguan tersebut.
     
    Komputer Anda tiba-tiba mati
    Unduh aplikasi Skype di smartphone untuk mengantisipasi hal ini, dan tenangkan diri Anda sebelum menjawab panggilan. Jika Anda bisa menunjukkan bahwa Anda tetap tenang di tengah kondisi tersebut, hal ini akan menjadi nilai plus karena berarti Anda bisa bekerja di bawah tekanan. Jika ternyata koneksi Skype Anda di smartphone tidak baik, maka tawarkan sang pewawancara untuk melanjutkan percakapan lewat telepon.
     
    Laptop Anda lag atau freeze
    Anda sedang menikmati wawancara tersebut dan tiba-tiba saja wajah sang pewawancara freeze. Well, ada kemungkinan sang pewawancara juga mengalami hal yang sama dengan Anda. Jika hal ini terjadi, jangan takut untuk bertanya apakah sang pewawancara mau memutuskan panggilan tersebut dan menghubungi Anda kembali beberapa menit kemudian.
     
    Anda tak dapat mendengar dengan jelas hal yang dikatakan
    Katakan dengan jujur bahwa Anda tak dapat mendengar dengan jelas apa yang ia katakan, dan apakah sang pewawancara dapat menggunakan mic headphone untuk memperjelas suaranya. Pilihan lainnya, tawarkan sang pewawancara untuk memutuskan panggilan tersebut dan menghubungi Anda kembali. Kali ini, jawab panggilannya lewat smartphone.
     
    Mereka meminta contoh pekerjaan Anda
    Sebelum wawancara, tanyakan apakah mereka menginginkan beberapa contoh portfolio dari pekerjaan Anda dan kirimkan lewat e-mail sebelum wawancara berlangsung. Untuk mengantisipasi mereka tidak membaca e-mail Anda, tak ada salahnya untuk mencetak beberapa contoh pekerjaan Anda. Good luck, dear!
    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Giulio [email protected])