Better You

5 Cara Supaya Tidak Cepat Sakit di Saat Musim Flu

  by: Silvya Winny       26/1/2018
  • Hujan hampir setiap hari mengguyur kota Anda. Ketahanan tubuh dari penyakit flu pun harus Anda perkuat sebelum jatuh sakit dan harus bedrest berhari-hari di rumah. Akhh, bagaimana dengan deadline di kantor, kelas mengajar Anda pun harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan? Sebelum terserang flu, baca artikel ini untuk tetap sehat di musim sakit flu!


    1. Efektif dengan Vaksin
    Menurut situs CDC, cara paling efektif untuk mencegah flu musiman adalah dengan melakukan vaksinasi flu setiap tahun. Jika Anda bukan penggemar jarum suntik, ini mungkin berita yang tidak terlalu menyenangkan, namun sejumlah dokter ahli merekomendasikan penggunaan vaksin suntikan jarum suntik yang lebih efektif. Anda dapat menemukan lokasi untuk mendapatkan suntikan flu di rumah sakit atau klinik terdekat. Lebih baik sakit sesaat daripada tidak bisa ikut outing kantor karena harus diam di balik selimut, bukan?

     



    [ BACA JUGA: Jangan Sampai 4 Penyakit Ini Ganggu Liburan Anda! ]

     

    2. Rajin cuci tangan
    Kedengarannya remeh saat orang terdekat cerewet mengingatkan Anda untuk cuci tangan sebelum makan. Tapi faktanya mencuci tangan sebelum makan di musim flu bakal menolong Anda untuk tidak mudah jatuh sakit. University of Wisconsin Health lebih detail menguraikan bahwa penting untuk mencuci tangan setelah bersin, batuk, atau memegang hidung. Jika Anda tidak memiliki akses ke sabun dan air, gunakan cairan pembersih tangan yang berbasis alkohol tidak lebih dari 60 persen.

     

    3. Jangan pegang wajah dengan tangan
    Jaga jangan sampai tangan yang masih penuh dengan kuman menyentuh wajah Anda. Tak cuma berlaku untuk wajah saja, tapi juga mata, mulut dan hidung ya, ladies.

     



    4. Manfaatkan cuti Anda
    Diam-diam Anda pasti kesal dengan teman kantor yang bersin-bersin di saat kerja dan tetap masuk walau sakit. Paramedis menyarankan Anda untuk tetap tinggal di rumah selama sakit supaya tidak menularkan penyakit pada orang lain. Bukannya bermaksud menyinggung, tapi minta teman kantor Anda untuk pulang dan beristirahat di rumah untuk memulihkan staminanya. Tapi jika Anda yang sakit, usahakan tetap bisa dihubungi walaupun di rumah, dan kembali kerja ketika sudah sembuh.

     

    [ BACA JUGA: 5 Hal Tentang Flu Yang Harus Anda Ketahui ]

     

    5. Istirahat dan tidur yang cukup
    Isi tubuh dengan banyak cairan dan makanan bergizi untuk menjauhkan Anda dari penyakit. Lakukan diet seimbang dengan mengonsumsi buah dan sayuran segar, biji-bijian, kacang polong, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak. Jadi, pastikan Anda menyimpan hal-hal penting agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap terjaga. Tak cuma itu saja, tidur yang cukup adalah cara terbaik untuk menguatkan daya tahan tubuh.

    (Silvya Winny / Image: Katsiaryna [email protected])