Better You

Lakukan 5 Hal Ini Bila Anda Selalu Lapar

  by: Kezia Calesta       30/1/2018
  • Apakah Anda seringkali merasa lapar dan ingin mengemil? Bila Anda sering merasa hangry (hungry + angry), coba praktikkan ide-ide sehat Cosmo ini!

    1. Pilih makanan mengenyangkan yang memuaskan rasa lapar.
    Perasaan kenyang tidak hanya datang dari kuantitas makanan yang masuk ke perut, lho. Daripada mengemil keripik, pilihlah makanan sehat yang akan membuat perut lebih kenyang!
    EAT: Telur, kentang rebus, havermut, kacang, dan ikan.

    2. Tambahkan konsumsi protein.
    Studi telah membuktikan bahwa protein mengalahkan lemak dan karbohidrat sebagai makronutrien yang paling mengenyangkan. Ditambah lagi, protein juga dapat meningkatkan metabolisme Anda! So bila Anda sering merasa lapar sejam setelah makan, itu artinya santapan Anda terlalu kaya akan karbohidrat dan kurang asupan protein.
    EAT: Tahu, kacang-kacangan, danging tidak berlemak, dan keju.


    [ BACA JUGA: 9 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan ]






    3. Perbanyak jam tidur.
    Ladies, ternyata kuantitas dan kualitas tidur Anda juga memainkan peran yang cukup krusial. Saat Anda kurang tidur, tubuh Anda memproduksi lebih banyak zat ghrelin, semacam “hormon lapar” yang menaikkan nafsu makan. Oh, no!

    4. Tambahkan asupan serat.
    Kandungan serat atau fiber dalam makanan akan membuat perut merasa semakin kenyang. Dengan serat, waktu pencernaan akan semakin pelan, maka Anda pun tidak akan cepat kelaparan. Hindari karbohidrat olahan seperti roti, nasi, pasta, dan tepung, ya.
    EAT: buah, biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan.

    5. Tambahkan sayuran ke piring Anda.
    Sayuran tidak hanya kaya akan serat, tetapi kadar air yang dimilikinya juga tinggi. Jadi, sayuran akan membuat Anda merasa lebih kenyang tanpa menambahkan banyak kalori. Extra salad, please!

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Dean Drobot @123RF.com)