Love & Sex

Libido Seks Anda Turun? Ini Alasannya

  by: Kezia Calesta       31/1/2018
  • Apakah Anda merasa bahwa keinginan untuk berhubungan seks tidak setinggi biasanya? Ladies, libido seks yang rendah memang tidak menyenangkan. Alasan di balik kondisi tersebut bisa dikarenakan oleh masalah kesehatan, stres, atau isu hubungan yang tidak terselesaikan dengan sang pasangan. Mau tahu alasan di balik menurunnya libido Anda? Baca penjelasan Cosmo berikut.


    Penyebab Fisik

    Salah satu penyebab fisik adalah hormon dan perubahan fase kehidupan. Bahkan, kenaikan berat badan juga bisa menurunkan libido, lho. Saat seorang wanita mengalami kenaikan berat badan akibat hormon estrogen yang rendah, mereka bisa saja menghindari hubungan seks.

    Menurut Dr. Prudence Hall, “Banyak sekali wanita yang memberitahu saya bahwa mereka merasa kurang menarik dan malu dengan tubuhnya, sampai mereka tidak mau menunjukkan tubuh mereka ke sang pasangan – meskipun kenaikan berat badan tersebut cukup minimal.”

    Jangan meremehkan efek stres yang berdampak buruk ke banyak aspek kehidupan Anda! Kelenjar adrenal yang terkuras habis oleh stres akan menurunkan level testosteron, maka wanita yang sering lelah cenderung menolak berhubungan seks.

    Periksa juga obat yang sedang Anda konsumsi, karena hal tersebut juga bisa menurunkan libido (termasuk pil kB dan obat darah tinggi). Ingat untuk menanyakan efek samping obat-obat yang diberikan saat berkonsultasi dengan dokter, ya.

    Riset dari Mayo Clinic juga membuktikan bahwa penurunan libido juga bisa disebabkan oleh kelelahan, konsumsi alkohol atau narkoba, diabetes, radang sendi, dan lain-lain.

     

    [ BACA JUGA: Pilihan Olahraga Yang Tingkatkan Kualitas Seks Anda ]



     



    Penyebab Emosional

    Saat hubungan dengan pasangannya sedang bermasalah, seorang wanita akan merasa lebih jauh secara emosional. “Bila wanita merasa dikritik, diabaikan, atau dituduh, mereka akan cenderung menjauhkan diri secara emosional dan seksual,” ungkap Dr. Prudence Hall.

    “Seorang wanita yang mengetahui bahwa pasangannya sedang berbohong biasanya akan mengalami turn-off, sedangkan intimasi yang didapat dari sharing akan meningkatkan seksualitasnya.”

    Faktor psikologi lainnya seperti masalah kesehatan mental (termasuk depresi dan kegelisahan), tingkat kepercayaan diri yang rendah, atau trauma setelah pengalaman seks yang buruk.

    Cosmo mengerti bahwa isu yang menyebabkan libido rendah memang tidak selalu mudah ditangani, namun Anda bisa kok, mencari bantuan dari dokter spesialis atau terapis. Ingat ladies, libido yang rendah tidak harus menjadi penghalang hidup yang permanen!

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Dolgachov @ 123RF.com)