Career

Agar Presentasi Anda Berjalan Sempurna, Ini Triknya!

  by: Redaksi       29/1/2018
  • Lupakan rasa takut dan gemetar Anda saat harus mempresentasikan materi rapat kepada rekan kerja atau klien bisnis. Anda mau memberikan presentasi yang sukses di tempat kerja? Ikuti lima tips ini agar Anda berhasil menangkap perhatian dan menyampaikan pesan dengan efektif.

     

    1. Tenang... Tenang... Tenang

    Itulah mantra pertama yang harus Anda ucapkan. Jika kekhawatiran dan rasa gugup menguasai Anda, ruang rapat seketika akan menjadi mimpi buruk! Sebaiknya, siapkan waktu khusus untuk mempersiapkan segala materi dan mempelajari semua isinya.



    Coba deh, melatih diri untuk berbicara di depan cermin atau sahabat. Selain Anda bisa mempersiapkan kata-kata yang nantinya akan diucapkan, Anda juga bisa mengatur ekspresi wajah yang sesuai untuk presentasi nanti.

     

    2. Gunakan bantuan visual.

    Saat memberikan presentasi, penggunaan ilustrasi dengan gambar, video atau benda akan membuat topik Anda semakin menarik. Hindari teks berlebihan atau teks kecil dan padat di PowerPoint – Anda mau pendengar fokus kepada Anda, bukan kepada slide.

     

    3. Perhatikan cara Anda berbicara.

    Agar pendengar tetap menyimak, jangan berbicara panjang lebar ataupun bertele-tele, karena Anda akan terkesan gugup. Gunakan intonasi, luangkan waktu – gunakan juga gestur tangan dan berjalanlah sedikit. Oh, jangan lupakan kontak mata!

     



    4. Interaksi

    Tujuan Anda mempresentasikan materi yang sudah disiapkan tentunya agar diterima dengan baik oleh audiens. Lalu, bagaimana caranya Anda tahu bahwa semua materi Anda diterima? Yup, dengan cara berinteraksi.

    Libatkan penonton dengan bertanya soal opini mereka, atau minta bantuan seseorang untuk sebuah demonstrasi. Lakukan sebuah hal interaktif setiap 10 menit. Buatlah juga koneksi dengan komunikan Anda melalui sesi tanya jawab!

     

    5. Be 100% prepared.

    Untuk memberikan presentasi yang efektif, Anda harus mempersiapkan diri dan mengerti akan apa yang dibicarakan. Bila Anda ragu, kredibilitas dan kepercayaan para penonton pun akan hilang. Best of luck!

     

     

    (Muhtar Rais / Kezia Calesta / SW / Image: BananaStock / Thinkstock)