Better You

Cara Menjaga Vagina Agar Tetap Bersih dan Wangi

  by: Redaksi       5/1/2018
  • Daerah kewanitaan yang berbau adalah masalah klasik bagi banyak wanita. Tapi tentunya Anda tak ingin mengalaminya, kan? Selain membersihkannya secara teratur dengan air bersih, beberapa tip Cosmo berikut bisa buat Miss Cheerful Anda jadi lebih bersih dan sehat. Simak!

     

    1. Kurangi Gula



    Menurut dr. Kencana Shinta Moser, SpOG, mengurangi makanan yang mengandung gula bisa menjaga keseimbangan flora di area Miss Cheerful dan membebaskan Anda dari bau tak sedap. Kebiasaan ini bahkan bisa mencegah keputihan, lho.

     

    2. Konsumsi Yoghurt

    Bagi para pecinta yoghurt, berbahagialah! Pasalnya kalau Anda rutin mengonsumsinya bisa memberikan efek harum di area Miss Cheerful, lho. Tapi tetap perlu diingat untuk memilih yang kadar gulanya rendah jika tak ingin agenda diet Anda hancur berantakan!

     

    3. Hindari Pewangi Miss Cheerful

    Jika Anda sering menggunakan sabun antiseptik dengan kandungan alkohol dan deodoran demi mendapatkan Miss Cheerful yang wangi, sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini sekarang juga! Terlalu sering membasuh Miss Cheerful dengan cairan kimia (douching) bisa merusak kesimbangan yang ada sehingga memungkinkan terjadinya infeksi. Penggunaan produk-produk tersebut juga bisa mengaburkan indera penciuman Anda karena tidak bisa mengetahui bau normal Miss Cheerful.


    4. Jangan Jorok



    Kalau tidak sedang datang bulan, ganti underwear Anda minimal dua kali sehari atau jika sudah merasa lembab. Kalau sedang menstruasi, gantilah pembalut minimal empat kali sehari dan pilih pembalut yang lembut dan tidak mengandung bahan yang membuat kulit sekitar daerah kewanitaan Anda alergi, misalnya parfum atau gel.

     

    5. Baby Wipes, Please

    Selalu bawa tissue basah bayi di dalam tas Anda dan sediakan di dalam kamar mandi rumah. Gunakan tissue ini daripada toilet paper karena lebih lembut dan tidak banyak tersentuh oleh orang lain yang memiliki kemungkinan membawa bakteri.

     

    6. Minum Jus Cranberry

    Cairan urin yang tidak dibersihkan dengan seksama ketika Anda buang air kecil juga bisa menyebabkan bau tak sedap di sekitar Miss Cheerful. Jus cranberry secara alami dapat melawan bakteri jahat yang ada di sistem saluran urine. Minum satu gelas jus cranberry setiap hari dan lihat hasilnya!

     

    (Vidi Prima / Edited by Kezia Calesta / Image: doc. Shutterstock)