Career

Ikuti Aturan Ini Saat Business Trip!

  by: Adya Azka       24/1/2018
  • Ditugaskan ke luar kota bahkan ke luar negeri oleh atasan? Eits, jangan terlalu semangat! Karena Anda bukan berkunjung sebagai turis, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti enam hal berikut ini.

     

    1. Pack Smart



    Bukan berarti Anda tidak bisa membawa barang yang menunjang kegiatan selama business trip , tapi usahakan Anda mengepaknya dengan benar. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot membawa dua koper besar dan tiga handbag secara bersamaan. Bawalah juga barang-barang yang berguna agar perjalanan semakin nyaman. Dengan bantuan earplug dan headphones, Anda bisa tidur nyenyak di pesawat tanpa gangguan dan mendapat istirahat yang cukup!

     

    2. Bersiaplah Dengan Baik

    Stay ahead of the game. Persiapan sangat penting untuk perjalanan bisnis yang sukses. Buktikan profesionalisme Anda: catat rute terbaik untuk mencapai hotel, cek kembali tanggal reservasi mobil sewaan, dan ingat untuk menyalakan alarm agar Anda tidak tertinggal pesawat atau telat meeting!

     

    3. Tampil Profesional

    Lupakan beragam baju casual Anda untuk sementara. Kalau mau membawanya, siapkan dalam jumlah secukupnya saja (untuk tidur, mungkin?). Ingat, kali ini Anda pergi untuk merepresentasikan tempat Anda bekerja. Jadi tampilah seprofesional mungkin, mulai dari berangkat hingga kembali tiba di kota atau negara asal Anda. Sst, jangan lupa membawa setumpuk kartu nama yang tentu akan bermanfaat dalam memperluas jaringan bisnis.

     

    [ BACA JUGA: 5 Bahasa Tubuh Yang Dapat Meningkatkan Karier ]



     

    4. Fokus pada Agenda Kerja

    Perhatikan setiap detail agenda kerja Anda setiap harinya selama business trip. Jangan sampai Anda terlambat, karena hal itu akan mengganggu kenyamanan Anda dan tentu saja rekan bisnis lainnya! Datang terlambat juga bisa membuat nilai profesionalitas Anda menurun drastis di mata klien, lho.

     

    5. Jangan Asyik Belanja

    Cosmo ingatkan sekali lagi, Anda bukan sedang berlibur dear, tapi sedang melaksanakan tugas kantor. Jadi, jangan sampai tugas Anda terbengkalai gara-gara terlalu asyik berburu barang belanjaan dan souvenir ya.

     

    6. Jangan Tenggelam dalam Party

    Mungkin klien ingin Anda merasakan hingar bingar saat malam hari di kota tempat Anda bertugas. Tapi ingat, jangan biarkan Anda tenggelam dalam sebuah party! Jika Anda mengonsumsi alkohol, usahakan kadarnya dalam jumlah yang minim dan tetap kontrol diri Anda, ok?

     

    (Adhia Azka / Kezia Calesta / SW / Image: wavebreakmedia / Thinkstock)