Better You

5 Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Payudara

  by: Silvya Winny       2/1/2018
  • Anda mungkin rutin melakukan pemeriksaan pribadi setiap bulan. Namun, kebiasaan sehari-hari lah yang justru sangat berpengaruh pada kesehatan payudara. Agar kesehatan aset paling berharga Anda tetap terjaga, coba biasakan untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

    1. Periksa Label pada Kosmetik dan Produk Perawatan Tubuh

    Memeriksa label pada kosmetik dan produk perawatan diri ternyata penting untuk menjaga kesehatan payudara lho. Kebanyakan produk kosmetik dan perawatan diri mengandung bahan-bahan berbahaya seperti besi, nikel, kromium, seng, kadmium, merkuri, hingga timbal. Jika bahan berbahaya tersebut masuk ke dalam tubuh, Anda akan lebih mudah terserang kanker payudara.



    2. Tidur dengan Lampu Redup

    Yup, cara terbaik untuk tidur di malam hari adalah dengan cahaya seredup mungkin. Hal ini tidak hanya berlaku pada cahaya lampu kamar, tetapi juga cahaya dari smartphone Anda. Paparan cahaya sepanjang malam dapat mempengaruhi beberapa fungsi hormon dalam tubuh yang mungkin berhubungan dengan risiko kanker payudara.

    3. Kurangi Konsumsi Alkohol

    More alcohol means more trouble, ladies! Secara statistik, alkohol dapat meningkatkan risiko terjangkit kanker payudara. Ini karena alkohol dapat meningkatkan tingkat sirkulasi estrogen yang dapat menstimulasi kanker payudara. Selain itu, alkohol juga menjadi “beban” bagi hati yang berfungsi untuk mengeluarkan detoks dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.



    4. Menjaga Berat Badan

    Menjaga berat badan bukan hanya untuk tampil menarik saja, dear. Memiliki berat badan ideal juga penting bagi kesehatan payudara Anda. Wanita yang memiliki berat badan berlebih cenderung rentan dengan masalah kesehatan payudara, mulai dari payudara nyeri hingga kanker payudara. Sedangkan, wanita yang menjaga berat badan dengan menerapkan gaya hidup sehat memiliki payudara yang lebih sehat.

    5. Olahraga

    Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga berperan besar bagi kesehatan tubuh Anda. Melakukan aktivitas fisik seperti berlari, bersepeda, atau bahkan menari selama setidaknya 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 20%. Olahraga juga dapat menstimulasi produksi kelenjar getah bening yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jaringan payudara. (Hana Devarianti / VP / Image: Various)