Better You

Lancarkan Pencernaan dengan Makanan dan Minuman Ini

  by: Silvya Winny       14/1/2018
  • Susah buang air besar tentu membuat perut terasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Ketika sembelit menyerang, coba konsumsi makanan dan minuman berikut untuk mengatasinya!

     

    1. Air



    Dehidrasi menjadi salah satu penyebab utama sembelit. Ini karena ada bagian pada usus besar manusia yang berfungsi menyerap air. Jika Anda kurang minum air, feses akan mengeras karena cairan tubuh yang tersisa banyak terserap di usus besar.

     

     

    2. Buah beri

    Stroberi, raspberry, blueberry, maupun blackberry mengandung serat yang tinggi. Selalu sedia buah-buahan ini di lemari es. Saat sembelit menyerang, tambahkan ke dalam mangkuk sereal atau oatmeal Anda untuk menambah serat.

     

    3. Kopi

    Selain berfungsi untuk menstimulasi otak agar selalu terjaga, kafein juga memiliki efek pencahar yang bisa merangsang kontraksi otot di usus besar. Akan tetapi, terlalu banyak minum kopi akan membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi karena diare. Dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari adalah dosis yang pas.

     

     

    4. Jeruk



    Ganti jus jeruk yang biasa Anda minum setiap pagi dengan buah utuh. Selain karena serat yang terkandung pada buah lebih tinggi, buah sitrus juga mengandung zat flavonol yang disebut naringenin. Zat tersebut bersifat laksatif yang membantu memperlancar buang air besar.

     

    5. Popcorn

    Anda tidak salah baca kok, popcorn memang salah satu makanan sehat untuk memperlancar buang air besar. Popcorn juga mengandung serat yang cukup tinggi. Akan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri tanpa campuran mentega, garam, atau gula.

     

     

    6. Bayam

    Jika Anda tidak rutin buang air besar setiap hari, biasakan mengonsumsi bayam. Ini karena 200 gram bayam rebus mengandung 4 gram serat dan lebih dari 150 mg magnesium, mineral yang bersifat laktasif. 

     

    7. Yoghurt

    Coba konsumsi yoghurt setelah makan malam untuk melancarkan buang air besar di pagi hari. Menurut penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2014, yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang bermanfaat memperlancar buang air besar dan merangsang usus besar agar lebih aktif dalam melunakkan feses.

     

    (Soca Massardi / Kezia Calesta / SW / Image: Warren Goldswain/iStock//Thinkstock)