Better You

5 Tips Anti Stres di Tahun Baru 2018

  by: Silvya Winny       4/1/2018
  • Masalah pekerjaan, percintaan, dan keuangan sering menjadi penyebab utama stres. That’s why di tahun 2018, Anda bisa menyiapkan diri untuk menghadapi jalan berliku yang menanti dengan mulai melakukan lima kebiasaan berikut.

     

    1. Selalu Memiliki Rencana



    Let it flow dan biarkan hidup mengalir bagaikan air? Nope! Memiliki gambaran untuk menjalani hidup itu perlu. Mulai dari menyusun aktivitas setiap hari dalam daily planner, hingga merencanakan karier yang ingin Anda raih di masa depan. Ya, hidup terkadang memang tidak bisa diprediksi dan tidak sesuai rencana, but that’s okay. Wanita bebas stres selalu menyiapkan Plan B.

     

     

    2. Berhenti Menunda

    Deadline masih minggu depan? Kerjakan secepatnya sebelum pekerjaan Anda menumpuk. Presentasi masih lima hari lagi? Siapkan materi yang diperlukan mulai dari sekarang agar Anda bisa bersantai dan tak perlu begadang. Tulis daftar pekerjaan setiap hari dan perkiraan waktu untuk menyelesaikannya agar Anda bisa punya waktu untuk ngopi setelah jam kantor bersama the girls.

     

    3. Selalu Melakukan Riset

    Orang yang bebas stres selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum ia melangkah ke luar rumah menuju meeting atau interview. Ini akan membuat Anda lebih relaks dalam menjalaninya. Mengetahui hal yang akan dihadapi berikutnya akan membuat diri Anda lebih percaya diri, sehingga menjalaninya pun bisa lebih fun.

     

     



    [BACA JUGA: 5 Aplikasi Jitu yang Membantu Anda Menabung ]

     

    4. Menyusun Rencana Keuangan

    Tak perlu lagi khawatir dengan gaji yang sering habis sebelum akhir bulan. Wanita bebas stres (baca: Anda) harus tahu betul berapa banyak uang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Catat dan patuhi rincian dana untuk membayar tagihan hingga biaya hiburan yang telah dibuat. Anda bisa mengumpulkan struk-struk pembayaran untuk dihitung setiap malam, atau unduh saja aplikasi pengatur keuangan seperti Money Manager yang ada di App Store atau Google Play Store. Easy!

     

    5. Utarakan Keinginan Anda

    Hidup ini terlalu singkat jika Anda harus selalu menunggu orang lain untuk memahami apa yang Anda inginkan! Come on, lupakan memberi kode pada seseorang agar dia bisa menebak-nebak sendiri. Daripada membuang waktu untuk hal yang belum tentu dimengerti, katakan dengan sopan dan jelas apa yang sebenarnya Anda mau. Misalnya, ketika ingin naik gaji atau ingin si dia memiliki waktu lebih lama bersama Anda.

     

     

    (Soca Massardi / Edited by Kezia Calesta / SW / Image: Sergey Nivens / Shutterstock / Clickphotos)