Lifestyle

10 Hal yang TIDAK Boleh Kamu Jadikan Hadiah Imlek

  by: Kezia Calesta       30/1/2019
  • Perayaan Tahun Baru Imlek dengan keluarga teman atau pacar kamu adalah sebuah tradisi yang seru. Di tahun 2019 ini, Imlek jatuh pada tanggal 5 Februari 2019. Namun, meskipun niat kamu baik, kesalahpahaman dapat terjadi jika kamu memberikan hadiah yang “salah”, lho. Simak tips Cosmo dan hindari 10 hal yang tidak boleh kamu jadikan hadiah di Imlek ini!

     

    1. Nomor 4 – Simbol Kematian

    Dalam bahasa Mandarin, nomor “4” (sì) terdengar mirip dengan kata yang artinya kematian (sǐ). Hindari hadiah yang berisikan empat benda atau apapun yang melambangkan “4”. Memberi empat buah jeruk? Big no no!



     

    2. Payung & Benda Tajam – Simbol Putus Hubungan

    Kata “payung” (sǎn) terdengar seperti “putus hubungan” (sàn), sedangkan pemberian benda tajam juga menandakan bahwa kamu ingin memutuskan hubungan dengan penerimanya. Oops!

     

    3. Bunga – Hadiah Pemakaman

    Bunga yang dipotong biasanya diberikan saat pemakaman, bukan Tahun Baru Imlek! Apalagi bunga krisan/serunai atau bunga berwarna putih, yang melambangkan kematian. Jika terpaksa, beli bunga berwarna merah seperti mawar, karena warna merah melambangkan kemakmuran.

     

     

    4. Jam Tangan/Dinding – Kehabisan Waktu

    Perkataan “memberikan sebuah jam” (送钟 sòng zhōng) juga terdengar sama seperti “menghadiri sebuah ritual pemakaman” (送终 sòng zhōng). Jam tangan baru? Jangan dulu, deh.

     

    5. Saputangan – Simbol Mengucapkan Selamat Tinggal

    Orang biasanya memberikan saputangan di akhir sebuah pemakaman untuk mengucapkan selamat tinggal selamanya. Bayangkan kecanggungannya jika kamu menghadiahkannya kepada calon mertua... Hiii!

     

    6. Sepatu – Simbol Kejahatan

    Kata “sepatu” (xié) terdengar persis seperti kata “kemalangan” atau “kejahatan” (xié). Lagipula, sepatu adalah benda yang diinjak – sebuah simbolisme yang buruk, bukan?



     

     

    7. Buah Pir – Perpisahan

    Hadiah buah-buahan selalu disambut dengan baik, kecuali “buah pir” (lí) yang terdengar persis seperti “perpisahan” (lí). Beri buah jeruk yang melambangkan kemakmuran.

     

    8. Cermin – Mengundang Roh Jahat

    Di Asia, hadiah cermin bukan sebuah ide yang baik karena dipercaya mengundang roh jahat dan hantu. Cermin juga mudah pecah, dan memecahkan barang dianggap nasib buruk.

     

    9. Benda Hitam atau Putih – Nasib Buruk

    Hindari hadiah, kertas pembungkus, amplop, ataupun memakai baju yang sebagian besar berwarna hitam atau putih, karena warna-warna tersebut dipakai saat pemakaman. Pilihan terbaik? Ya, kamu pasti bisa menebaknya - merah!

     

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: dok. aspenrock©123rf.com)