Better You

Opps! Ini Dia 4 Penyebab Jerawat di Area Miss Cheerful!

  by: Giovani Untari       1/1/2019
  • Jerawat di wajah jelas bukan hal yang menyenangkan. Terlebih sekarang ia muncul di area Miss Cheerful kamu! Uhhh, apakah hal ini berbahaya? Should we pop them off


    via GIPHY




    Tidak jauh berbeda dengan jerawat di wajah, kehadiran jerawat dengan target Miss Cheerful juga menimbulkan sensasi yang kurang bersahabat. Seperti rasa perih, gatal, kemerahan, hingga membuat Miss Cheerful terasa tidak nyaman. Permasalahan kulit ini jelas menimbulkan pertanyaan: Apakah munculnya jerawat di area kewanitaan merupakan hal yang wajar? Dan girls ternyata jawabannya adalah ya!



    “Jerawat pada area Miss Cheerful sebenarnya tak jauh berbeda dengan jerawat yang timbul pada area wajah dan tubuh. Salah satu penyebabnya bisa saja dari produksi minyak yang berlebih serta masalah pertumbuhan folikel rambut Miss Cheerful Anda,” ujar Kecia Gaither, MD, seorang obgyn dari New York. Berikut penyebab jerawat di area Miss Cheerful dan cara mengatasinya:


    CAUSE 1: Pakaian Dalam yang Terlalu Ketat

    Oops, penyebab pertama timbulnya jerawat pada area Miss Cheerful kamu bisa jadi karena pakaian dalam yang terlalu ketat. Even it’s makes you look (super) sexy, tetapi celana dalam ketat ternyata membuat Miss Cheerful tak bisa “bernafas”. Selain itu celana dalam ketat berpotensi membuat gesekan tersendiri pada area sekitar Miss Cheerful yang menimbulkan iritasi. Jika sudah terjadi iritasi, bakteri akan lebih mudah masuk ke kulit dan memicu timbulnya jerawat. Oh no!


    HOW TO CURE IT: Gunakan celana dalam dengan ukuran yang pas di tubuh. Selain membuat kamu lebih nyaman bergerak, underwear dengan ukuran tepat juga menjaga sirkulasi udara di area organ kewanitaan.


    CAUSE 2: : PRODUKSI KERINGAT BERLEBIH

    Belive it or not, produksi keringat yang berlebih menempati posisi teratas faktor penyebab munculnya jerawat Miss Cheerful. Keringat yang menumpuk akhirnya membuat pori-pori kamu tertutup dan menjadi pemicu hadirnya si jerawat. 




    HOW TO CURE IT: Pilih underwear berbahan cotton yang memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Sebaiknya hindari underwear berbahan sutera atau nylon karena material tersebut kurang bersahabat dengan kulit.


    CAUSE 3 : HORMON

    Sama dengan penyebab timbulnya jerawat di area wajah, hormon juga memegang peranan tersendiri atas lahirnya jerawat di Miss Cheerful, terutama hormon progesteron. Tingginya hormon progesteron membuat ketidakseimbangan dalam tubuh yang menyebabkan akumulasi lemak berlebih di area Miss Cheerful. Pori-pori tersebut pada akhirnya menyebabkan radang dan tumbuhnya jerawat baru.


    HOW TO CURE IT: Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula dan produk dairy. “Tingginya kadar gula dalam darah dan produk susu menjadi pemicu terjadinya fluktuasi hormon dan peradangan, hal ini semakin memancing hadirnya jerawat. Sebaiknya pilih makanan yang bersifat alami atau lakukan diet paleo,” tutur Dr. Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatologydi New York


    CAUSE 4 : Reaksi Alergi

    Permasalahan kulit satu ini pun bisa datang dari alergi yang kamu miliki, girls! Gejala alergi sendiri menyebabkan kulit Miss Cheerful yang memerah dan bengkak serta bintik menyerupai jerawat. Ditambah rasa gatal yang berlebihan di area Miss Cheerful.


    HOW TO CURE IT: Baik itu alergi makanan, pakaian, maupun produk pembalut, tak ada salahnya memantau aktivitas harian untuk menemukan pemicunya. Kamu pun bisa melakukan tes alergi untuk memastikan lebih jauh apa alergi yang dimiliki.


    Images: Dok. Freepik.com, Giphy.com.