Beauty

DIY Masker Alami untuk Menebalkan Rambut

  by: Kissy Aprilia       6/1/2019
  • Setiap harinya, rambut mengalami kerontokan 50 – 100 helai secara alami. Melebihi dari jumlah tersebut, kamu sebaiknya mengunjungi ahli dermatologi untuk berkonsultasi mengenai penanganan lebih lanjut. Jika masih dapat kamu atasi sendiri, coba gunakan 7 produk rambut yang berikan efek menebalkan rekomendasi Cosmo, atau mencoba DIY masker rambut dari bahan alami berikut ini. 


    Masker Telur dan Minyak Zaitun

    Telur memiliki nutrisi yang sangat baik untuk rambut. Bahan makanan ini kaya akan protein natural dan asam lemak yang penuh keratin. Di dalamnya juga terdapat mineral esensial seperti sulfur, fosfor, zat besi, zinc, dan vitamin E yang bisa meningkatkan stimulasi pertumbuhan rambut. 



    Sementara itu, minyak zaitun adalah komponen antioksidan terbaik yang bermanfaat mengembalikan kesehatan kulit kepala agar rambut dapat tumbuh optimal. Sebagai tambahan, kamu membutuhkan yoghurt polos yang bekerja sebagai pembersih kotoran, sel kulit mati, dan minyak yang menyumbat folikel rambut, serta lemon untuk anti bakteri.


    Bahan-bahan:

    • 1 buah telur
    • 2 sdt yoghurt polos
    • 1 sdm perasan lemon
    • 1 sdt minyak zaitun


    Cara pemakaian: Campurkan seluruh bahan lalu kocok hingga merata. Gunakan kuas cat rambut untuk mengaplikasikan masker rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan sampo dan lakukan perawatan ini setiap minggu.


    Masker Kelapa, Alpukat dan Rosemary

    Buah kelapa terkenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa melembutkan dan membuat rambut berkilau. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk perawatan penebalan rambut, sebab minyak kelapa mengandung asam lemak yang mudah terpenetrasi ke dalam kulit kepala dan menutrisi hingga ke bagian akar. 

    Kandungan minyak kelapa juga memiliki sifat antifungal dan antibacterial yang akan melindungi kulit kepala kamu dari ketombe. Agar perawatan maksimal hingga ke seluruh batang rambut, manfaatkan pula alpukat yang kaya lemak sebagai conditioner. Lalu apa fungsi dari rosemary? Minyak esensialnya bisa menghindari kerontokan sehingga pertumbuhan rambut lebih optimal.


    Bahan-bahan:

    • ½ buah alpukat
    • 1 sdt minyak kelapa murni
    • 1 sdt gel lidah buaya
    • 10 – 20 tetes minyak esensial rosemary




    Cara pemakaian: Hancurkan alpukat sampai halus, lalu campurkan dengan gel lidah buaya, minyak kelapa, dan 10 – 20 tetes minyak esensial rosemary. Setelah semua bahan menjadi satu, aplikasikan pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama 15 menit. Kamu boleh melakukannya setiap 1 atau 2 kali dalam seminggu untuk memaksimalkan pertumbuhan rambut.


    Masker Bawang Bombay dan Madu

    Rambut kamu akan berterimakasih kepada efek yang diberikan oleh tumbuhan beraroma tidak sedap ini. Bawang bombay kaya akan kandungan sulfur yang berfungsi meningakatkan produksi kolagen di kulit kepala, yang artinya pertumbuhan folikel rambut menjadi lebih optimal. Bahan makanan ini juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal tanda penuaan yaitu uban. Selain itu, sifat anti bakterinya akan melindungi kulit kepala dari ketombe.

    Kombinasi madu dapat membantu melembapkan batang rambut, ketika bawang bombay sedang bekerja menutrisi kulit kepala. Artinya, jika kamu memanfaatkan kedua bahan tersebut untuk perawatan, maka kamu akan mendapatkan rambut yang tebal, tumbuh lebih cepat, berkilau, tidak kusam, dan terhindar dari masalah kulit kepala. Win-win solution!


    Bahan-bahan:

    • ¼ bawang bombay
    • 1 sdm madu


    Cara pemakaian: Kamu bisa menggunakan masker rambut alami ini semalaman, girls! Setelah mencampurkan kedua bahan tersebut dan mengaplikasikannya ke seluruh rambut, bungkus kepala kamu dengan shower cap agar masker dapat menyerap dengan maksimal. Keesokkan paginya, bilas rambut dengan menggunakan air hangat dan lakukan perawatan ini 1 atau 2 kali dalam seminggu.


    (Image: Freepik.com)