Better You

Berat Badan Sulit Turun? Ini 5 Cara Meningkatkan Metabolisme

  by: Giovani Untari       2/1/2019
  • Girls, please raise your hands jika Anda kerap mengeluhkan urusan berat badan yang tak kunjung mencapai target timbangan (padahal Anda telah secara displin melakukan sejumlah exercise di gym hingga aktif di kelas zumba akhir pekan), atau tiba-tiba Anda merasa imun tubuh yang mudah menurun, hingga yang terparah sulitnya berkonsentrasi hingga melupakan banyak hal penting dalam urusan pekerjaan (dan berakhir dengan keluhan dari office-mate Anda). Sekelibat permasalahan di atas tanpa disadari merupakan pertanda dari bagaimana sistem metabolisme Anda saat ini sedang tidak bekerja dengan baik. Duh!


    via GIPHY




    Sejatinya sistem metabolisme memang memegang ranah yang cukup kompleks pada tubuh Anda, Jika kita tarik kembali, metabolisme sendiri merupakan proses di mana tubuh membakar energi untuk fungsi dasar tubuh Anda seperti detak jantung, otak, hingga pernafasan. Tidak berhenti di situ aktivitas ini pun nyatanya juga berpengaruh besar pada departemen tubuh lainnya semisal bagian hormon. 

    “Setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda, tergantung pada genetik, usia, jenis kelamin, komposisi tubuh, juga gaya hidup. Semakin kita menua, metabolisme pun akan mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena adanya hormon yang berubah dan akhirnya memengaruhi cara tubuh dalam menyimpan dan menghilangkan lemak yang ada bahkan berdampak pada cara tubuh menyerap nutrisi dan kesehatan kulit,” ujar Kristen F. Gradney, R.D., Director of Nutrition and Metabolic Services at Our Lady of the Lake Regional Medical Center. 


    FIRE IT UP!

    Since we can’t run from the aging and slow metabolism, berikut adalah sejumlah trik yang bisa Anda ikuti agar memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Ready to try?

    1. Eat Well, Add More Fiber



    Sulit dipungkiri jika asupan makanan berperan besar dalam proses metabolisme tubuh. Mengonsumsi makanan yang tepat bisa membantu tubuh mencerna dengan baik sehingga mampu membakar lemak secara maksimal. Pilihan makanan yang kaya protein seperti dada ayam, telur, kacang kedelai bisa ladies andalkan untuk meningkatkan metabolisme. Satu yang tidak boleh terlupakan dalam asupan makanan harian Anda: serat. “Serat menjadi asupan yang sulit untuk dipecahkan oleh tubuh dan memerlukan usaha keras, sehingga tidak heran makanan berserat akan membakar banyak kalori,” tutur Bonnie Taub-Dix, RDN, seorang nutrisionis sekaligus penulis buku Better Than Dieting.



    2. Choose The Exercise, Perfectly!



    Tak hanya sekadar memilih outfit hingga makeup yang perfect (Yes, we are!), exercise yang tepat pun turut memengaruhi kondisi metabolisme tubuh. Salah satu exercise yang bisa jadi opsi bagi para Cosmo babes adalah High-intensity interval training alias (HIIT). Mengedepankan rangkaian exercise dengan intens dan bergerak cepat, tipe olahraga ini teruji efektif dalam membakar lemak dan membantu tubuh bermetabolisme secara maksimal bahkan setelah proses workout berakhir. Time to book this class!



    3. Have a Great Sleep


    via GIPHY




    The lack of sleep is always bad for your health! Tim Cosmopolitan yakin bahwa Anda pasti sudah tahu betapa berbahayanya ketika tubuh kekurangan tidur secara keseluruhan. Dan ternyata, impact-nya pun akan terasa pada sistem metabolisme. “Proses metabolisme tubuh dapat meningkat saat malam hari tidak jauh berbeda dengan siang hari, dan yang paling efektif serta mudah dilakukan adalah dengan tidur yang berkualtas,” ujar Dr. Candice Seti.

    “Kurang tidur atau pola tidur yang tidak teratur justru dapat meningkatkan hasrat untuk ngemil, nafsu makan yang meningkat, serta metabolisme yang lebih rendah. Hal ini berdampak pada keinginan mengonsumsi junk food dan berakhir dengan pembakaran lemak yang lebih sedikit,” tambahnya.



    4. Drink More Water



    Saat membaca majalah Cosmopolitan ini, ingatkah kapan terakhir Anda mengonsumsi air putih? Hmmm.. jika sudah lebih dari dua jam yang lalu ini saatnya Anda minum air putih. Sejak lama dikenal khasiatnya bagi tubuh, sebuah studi di London menunjukkan bahwa dengan minum air putih sebanyak 500 ml, membuat metabolisme tubuh dapat meningkat sebesar 10-30% dalam waktu satu jam. So, terbayang kan betapa efektifnya air putih bagi kesehatan Anda.

    Another great tips: mengonsumsi air dingin ternyata mampu membakar kalori lebih banyak sebab tubuh akan mengeluarkan energi lebih membuatnya sama dengan suhu tubuh.


    5. Stand Up!



    Standing desk bisa jadi opsi yang exceptional bagi Anda yang sudah seharian duduk manis di kantor ataupun kampus mengerjakan segala aktivitas. Meja berdiri ini tak hanya sekadar viral di society saat ini tetapi juga efektif membuat tubuh Anda berdiri lebih intens dan memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh. “Terlalu banyak duduk menjadi pemicu seseorang memiliki masalah pada metabolismenya dan juga membuat tubuh hanya memiliki sedikit kalori untuk dibakar,” tukas para health commentator dari Amerika Serikat.

     

    Images : Dok. Freepik.com, Giphy.com.