Better You

5 Tips Jitu untuk Mencegah Makananmu Terbuang Sia-Sia!

  by: Giovani Untari       5/1/2019
  • There is no sincere love than the love of food.” Begitu tukas George Bernard Shaw seorang novelis serta aktivis politik dari Irlandia menggambarkan tentang makanan. Tentu makanan memang menjadi daya tarik yang sulit terlepaskan dalam hidup. Bahkan tak jarang memengaruhi mood Anda, bukan? Tetapi di balik kepopulerannya menurut survei dari Exonomist Intelligence Unit tahun 2017 penduduk Indonesia setiap tahunnya membuang 300kg makanan layak konsumsi dari total 260 juta penduduknya. Ini akhirnya menempatkan Indonesia sebagai negara kedua terbesar yang membuang sisa makanan layak konsumsinya di dunia. Duh!

    Tapi belum terlambat kok girls untuk berubah, jadi mari baca terus artikel ini untuk tahu beberapa tips menyelamatkan makanan yang Anda konsumsi.




    1. Realistis dalam Membeli Makanan



    Cara pertama yang bisa Anda coba agar tidak membuang makanan adalah membeli bahan makanan dalam jumlah yang realistis. Hindari kebiasaan membeli makanan secara implusif. Misalnya jika Anda hidup sendiri, tentu Anda tidak akan membeli bahan makanan setara dengan yang dibeli keluarga berjumlah empat orang bukan? Kebiasaan ini mampu mencegah Anda membuang makanan yang masih layak dikonsumsi. Nilai plus-nya lagi, Anda akan jauh lebih hemat. Trust us!


    2. Simpan Makanan Secara Benar

    Sering menemukan cookies, sereal, atau snack Anda dalam keadaan tidak baik dan berakhir membuangnya begitu saja? Anda bisa memilih opsi menyimpannya ke dalam wadah kedap udara yang berkualitas. Wadah kedap udara tersebut akan menjaga makanan Anda bertahan lebih lama. Ini menjadi sebuah investasi yang sangat bermanfaat dalam hidup Anda.


    3. Baca Tanggal Kadaluarsa Produk Makanan


    via GIPHY




    Kebiasaan ini sebenarnya bukan sesuatu yang sulit tetapi jarang untuk dilakukan. Memeriksa masa kedaluwarsa produk makanan yang ada akan membantu Anda menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama untuk digunakan. Jadi tidak ada makanan yang terbuang sia-sia karena Anda baru saja membelinya, tetapi sudah harus membuangnya karena memasuki masa kedaluwarsanya.


    4. Donasikan Makananmu

    Masih memiliki sisa makanan yang layak dikonsumsi? Tidak ada salahnya kok turut menyumbangkan makanan Anda kepada yang membutuhkan. Selain bisa menolong sesama, ini bisa membantu Anda menyelamatkan bumi dari ancaman sampah makanan yang berlebihan. Because sharing is caring!


    5. Usahakan Menghabiskan Makanan 



    Never eat more than you can life be! Makanan yang tersisa di piring Anda saat berada di restoran ternyata menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar. Sebelum memesan pastikan apa yang Anda pilih merupakan apa yang dapat Anda makan. Pesan dalam porsi secukupnya, terutama bila Anda sedang dalam keadaan tidak terlalu lapar. Jika makanan datang dalam jumlah besar tidak ada salahnya berbagi dengan rekan Anda. Jangan ragu untuk membawa pulang sisa makanan yang masih layak dari piring Anda. Sehingga makanan tersebut masih dapat Anda nikmati di waktu makan berikutnya.


    Images: Dok. Freepik.com, Giphy.com.