Love & Sex

10 Tipe Pria yang Patut Kamu Hindari, Jauhi Sekarang!

  by: Kezia Calesta       6/1/2019
  • So many Mr. Wrongs, so little time. Girls, kamu pantas mendapat seorang pasangan yang menghargaimu dan membuatmu bahagia. Sekedar mengingatkan, di luar sana, ada sekelompok pria yang hanya akan membuang-buang waktumu saja! Berikut adalah bahan panduan dari Cosmo.


    1. Si Narsis

    Memang menyenangkan bisa kencan dengan pria ganteng mirip James Franco, tapi lain halnya jika pria itu seseorang yang membuat kamu layaknya itik buruk rupa karena ia terlalu terobsesi dengan penampilannya. Yes, maksud Cosmo, pria super metroseksual yang tak segan-segan menghabiskan satu jam berdiri di depan cermin dan tak mau keluar jika outfit-nya belum matching! Hm… Bila ia lebih mementingkan penampilannya ketimbang quality time bersama kamu, hal tersebut menjadi masalah... apalagi jika ia jadi suka mengkritik penampilanmu! You don’t need that kind of negativity in your life.






    2. Hobi Memanfaatkan Orang Lain

    Si dia berkencan denganmu karena ingin mendapatkan keuntungan. “Saya berpacaran dengan seorang rekan kerja di kantor. Tapi ternyata dia kerap meminta saya melakukan berbagai tindakan yang kurang terpuji. Dia pernah meminta saya untuk mengintip komputer bos agar dia tahu rahasia perusahaan. Maklum, sebagai asisten pribadi bos, saya punya akses ke sana. Lama-lama, saya diminta memengaruhi bos agar dia bisa dapat promosi. Karena tak tahan dengan tekanan itu, saya minta putus,” ujar Laura, 28 tahun. Girls, ketahui batasnya dan jangan biarkan diri sendiri dimanfaatkan. You deserve better.



    3. Tukang Suap

    Ini dia tipe pria lain yang perlu dihindari. Biarpun dia sudah memberikan berbagai kado sebagai tanda “kasih sayang”, tak berarti kamu jadi punya kewajiban untuk membalas pemberiannya. Begitu tahu kalau ada pamrih di balik sifatnya yang pemurah, berhati-hatilah! Bila perlu, segera kembalikan semua barang pemberiannya agar kamu tidak “berhutang” kepadanya. Pria macam itu sungguh basi!




    4. Pria Yang Sudah Menikah

    Sensitive topic alert! Pria yang sudah menikah seringkali terlihat berwibawa, bijaksana, romantis dan dewasa. Whatever. Yang jelas, jangan pernah bermain-main dengan pria yang sudah berada dalam ikatan matrimoni. Pertama, hal ini sudah jelas salah dan tak perlu diperdebatkan lagi. Kedua, hubungan itu sama saja dengan selingkuh… dan ketiga, hubungan gelap biasanya banyak diwarnai masalah, kericuhan, dan hal-hal negatif lainnya. Keempat, coba tempatkan dirimu pada posisi sang istri yang punya suami selingkuh. Remember, karma’s a b*tch.



    5. Tukang Pamer

    Banyak pria menyangka kalau wanita akan langsung silau dengan kekayaan, status, dan penampilan. Hanya karena punya “modal” yang lebih banyak daripada pria lainnya, ada saja pria yang merasa akan langsung bisa memenangkan hatimu. Tentu tidak semudah itu! Jika ia memperlakukan kamu dengan semena-mena dan memandang rendah terhadapmu, it’s time to leave. Ingat, kamu memiliki harga diri yang jauh lebih berharga.




    6. Si Pecinta Rumput Tetangga

    Sudah pacaran, tapi si dia masih melotot saat melihat wanita berdada membusung yang lewat di depan kamu berdua? Kamu sering memergokinya menggoda gadis-gadis, mulai dari SPG pameran mobil, wanita penjaga butik, rekan kerja kantor yang sudah bersuami, hingga masseuse yang melayaninya di spa? Oh, no! Say sayonara.






    7. Si Tukang Pukul

    Dia punya ego setinggi Monas dan punya tendensi bertindak kasar, tak hanya dengan orang lain tetapi juga terhadap kamu. Dan yang paling parah, selain menyakiti hatimu dengan kata-kata yang jahat, dia sudah mulai berani melayangkan tangan atau barang-barang di sekelilingnya saat sedang kesal atau bertengkar denganmu. Girls, mungkin pada akhirnya ia akan meminta maaf dan janji untuk tidak mengulanginya lagi… but you know that’s not true. Kalau ini sudah terjadi, tak ada kata lain: lebih enak jadi lajang saja!



    8. Anak Mama

    Pria yang sedikit-sedikit bertanya kepada mama bukan tipe yang menarik untuk dikencani. Tak bisa hidup tanpa mama membuatnya sulit menjadi mandiri dan ia pun jadi tidak bersifat dewasa. Apapun yang terjadi, ia akan selalu bergantung kepada keputusan ibunya, dan selalu menuruti perintahnya. Apakah dia pernah meminta kamu untuk merubah sifat agar seperti ibunya? Ugh, bye!



    9. Pria Pembenci Wanita

    Di dunia ini, ada satu penyimpangan bernama misogyny. Pada tingkat yang lebih parah, bahkan alasan kenapa si penderita ini membenci wanita hanya bisa dimengerti oleh psikiater. Jika kamu berniat untuk mengubah sifatnya yang selalu menganggap wanita lebih rendah, kemungkinan kamu hanya akan sakit hati. Pria seperti ini hanya bisa “mereda” setelah mendapatkan pertolongan dari ahli… dan sambil berharap ia akan berubah, kamu harus rela menderita dulu akibat ulah dan mindset-nya. Daripada makan hati, lebih baik kamu pindah hati saja ke seorang pria yang menghargaimu dan menganggapmu setara dengannya!




    10. Tuan Pengecut

    Sayang sekali, pria seperti ini paling banyak beredar di dunia perkencanan. Pria seperti ini biasanya tak berani menjalani hubungan dengan gagah berani, terutama jika berkaitan dengan komitmen. Saat kamu mempertanyakan keseriusannya, dia akan menghindar secepat kilat! Sederet alasan pun dilontarkan, mulai dari masalah keluarga, timing yang belum tepat, hingga rencana pribadi yang butuh konsentrasi penuh. Hm, apakah kamu mau membuang-buang waktu dengannya?




    Ingat, saat bertemu dengan salah satu pria di atas, evaluasi juga kadarnya. Jika tanda-tandanya tak terlalu signifikan dan karakter positif yang ia miliki jauh lebih menonjol, mungkin kamu masih bisa memberikan waktu agar ia bisa membuktikan dirinya. Namun kalau sifatnya sudah keterlaluan (apalagi kalau ia bersifat abusif), kamu tahu apa yang harus dilakukan!


    (Image: doc. Aleksandr Davydov©123RF.com / Source: Cosmopolitan Indonesia "Oh, I'm So In Love..." Relationship And Romance Guide Book)