Love & Sex

Ini Dia Cara Jitu Melupakan Mantan Tanpa Harus Galau!

  by: Nadhifa Arundati       5/1/2019
  • Di sekeliling kamu, sudah banyak teman atau bahkan keluarga yang selalu memberikan dukungan agar kamu bisa melupakan mantan – but you just can’t, karena hal ini masih sangat sulit untuk kamu hadapi. Ada banyak kenangan yang belum bisa kamu lupakan, tetapi jika kamu terus seperti ini sama saja dengan membuang-buang waktu. There’s a lot things to do!

    Banyak hal di luar sana yang jauh lebih penting daripada mantan. Kalau kata orang, “Masih banyak ikan di laut!” Yes, Cosmo sangat setuju – bahkan Ariana Grande saja sudah bisa melupakan mantan hanya dengan membuat lagu! Kalau kamu ingin segera melupakan mantan, Cosmo punya beberapa cara untuk kamu lakukan. Simak!




    Hindari kehadiran mantan

    Dulu kamu selalu menghubungi si dia like almost everyday untuk memberikan kabar, sweet text, dan memberikan perhatian, namun saat ini kamu harus sadar kalau situasi sudah sangat berbeda. Mungkin kamu belum terbiasa dengan kekosongan ini, tetapi jangan pernah kamu mencoba untuk menghubungi kembali si mantan atau bahkan mengajak si dia untuk bertemu, BIG NO! Hal ini terlalu cepat untuk kamu lakukan karena kamu belum sepenuhnya move on (atau bahkan masih berharap untuk kembali bersamanya). Cosmo peringatkan kembali, kalau kamu masih mencoba untuk bertemu atau masih stalking akun media sosial si dia, kegalauan ini tak akan ada ujungnya! Mute (or block) si dia di media sosial mungkin menjadi pilihan yang tepat.


    Kalau memang kamu dengan si dia berada di satu lingkungan yang sama (dituntut untuk selalu bertemu), jangan bingung! Kamu masih bisa menghindar secara perlahan. Untuk saat ini jangan pernah memberikan sapaan atau bahkan menatap mata si dia. Anggap saja kalau kalian tak pernah kenal. Kalau ada teman kamu yang berkata, “Sudah, jangan ngacangin mantan, santai aja!” Hmm... Ada baiknya untuk kamu acuhkan, karena ini semua kamu lakukan demi kebaikan diri kamu sendiri. You need more (and more) time – mungkin kalau kamu sudah pulih dari rasa sakit kamu bisa kembali memberikan mantan sapaan yang hangat – just being a friend, if you want.


    Dengarkan deretan lagu putus cinta sampai kamu merasa bosan!

    YASS, tak ada salahnya kok untuk membuat playlist: Top Breakup Songs – hal ini patut kamu lakukan untuk meluapkan rasa sedih kamu. Crying out loud, gurl. Justru ini yang kamu butuhkan, kalau kamu memendam rasa sedih, kamu akan semakin sulit untuk ‘keluar’ dari kesedihkan. Memang sih dengan melakukan hal ini kamu akan kembali mengingat kenangan yang pernah kamu lalui bersama mantan dan semakin rindu dengannya. Wajar saja kok, yang terpenting kamu memiliki keinginan untuk melupakan mantan.

    Menyanyikan lagu putus cinta adalah salah satu ‘obat’ yang ampuh untuk memudarkan rasa sayang kamu dengan si dia – karena perlahan kamu akan merasa bosan, bahkan lelah karena sudah menghabiskan air mata. Well, check this out! Deretan Lagu Yang Wajib Kamu Dengar Setelah Putus Cinta


    Mengingat kembali kekurangan yang dia miliki

    Saat kalian bertengkar, kamu pasti pernah merasa jengkel – tetapi kamu tetap menahan amarah agar hubungan kalian masih bisa berjalan dengan baik. Nah! Sekarang  adalah saat yang tepat untuk mengingat kembali hal-hal buruk yang pernah si dia lakukan kepada kamu.Mungkin dia pernah (atau sering) mengomentari gaya berpakaian kamu seperti, “Norak banget sih kamu” dan selalu melarang segala hal yang kamu sukai – well, not being yourself back then. Yang lebih menyebalkan, dia selalu cemburu dengan semua teman pria yang kamu miliki dan menghapus kontak mereka, UGH!



    Coba ingat secara baik-baik, semua hal yang dia pernah lakukan ke kamu ternyata membuat hidup kamu tak semakin maju, cause you always under control – well, hubungan kalian itu toxic, dan memang sudah seharusnya diakhiri. Coba kamu baca artikel ini, Tanda Kalau Kamu Sedang Menjalani Toxic Relationship supaya enggak menyesal karena sudah putus.


    Hindari segala hal yang berhubungan dengan mantan!

    Bukan berarti kamu harus membuang dan membakar barang-barang atau segala hal yang berkaitan dengan mantan – memang banyak orang yang melakukan hal tersebut, tetapi coba kamu lakukan dengan cara lain. Kamu bisa kok memberikan barang-barang pemberian si dia ke orang-orang yang lebih membutuhkan. Contoh: kunjungi panti asuhan terdekat, lalu berikan barang-barang yang ingin kamu hindari. Selain beramal, kamu juga bisa melihat dunia sekitar – bahwa masalah yang kamu hadapi belum seberapa dibandingkan orang lain.

    Oh! Tak hanya barang saja, pasti masih ada kenangan lain seperti foto-foto yang kamu simpan di memori handphone. Well, Cosmo sarankan untuk segera dihapus, percuma kalau kamu masih menyimpannya.


    Lakukan aktivitas yang selama ini ingin kamu lakukan!

    Banyak hal yang bisa kamu lakukan! Hangout bersama teman, travelling, menyaksikan serial TV (sampai ketiduran), atau hal lain yang bisa bikin kamu lupa dengan rasa sedih. Mungkin ada beberapa hal yang tak bisa kamu lakukan karena dulu dilarang oleh si dia. Contoh: kamu sudah lama enggak ngumpul bersama teman-teman pria – call them out dan saatnya untuk bersenang-senang tanpa ada yang melarang! Atau kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti melukis, photo hunting, bahkan bergabung dalam komunitas yang kamu minati. Berstatus single malah akan membawa banyak kebahagiaan lho, trust Cosmo!


    Kalau kamu tak ada niat untuk melupakan mantan, maka segala cara yang sudah Cosmo berikan malah akan menjadi sia-sia. Sadarkan diri kamu – it’s time to let it go.... Let it go!

    (Image: Doc. Outnow.ch)