Better You

7 Cara Efektif dan Jitu Untuk Mengatasi Keputihan

  by: Giovani Untari       8/1/2019
  • Keputihan memang menjadi salah satu masalah tersendiri yang kerap dialami oleh para wanita. Bagi kamu yang tengah memiliki masalah seputar keputihan, ada baiknya kamu mengetahui 5 tipe keputihan yang patut kamu waspadai, girls! Masih penasaran bagaimana cara agar menghilangkan keputihan? Cosmo pun telah merangkum sejumlah cara efektif untuk mengatasi keputihan yang bisa kamu lakukan:


    1. Jaga Miss Cheerful Agar Selalu Bersih dan Kering





    Salah satu penyebab terjadinya keputihan adalah karena kondisi Miss Cheerful yang lembap. Agar keputihanmu berkurang, sebaiknya kamu menjaga Miss Cheerful dalam kondisi bersih dan kering ya. Terutama sehabis membuang air kecil maupun besar. Bersihkan Miss Cheerful dari arah depan ke belakang, bukan dari arah sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri dari area belakang masuk ke dalam Miss Cheerful.


    2. Hindari Menggunakan Pembersih Area Kewanitaan yang Mengandung Pewangi

    Penggunaan sabun pembersih area kewanitaan memang membantu Miss Cheerful agar terjaga kebersihannya. Tetapi hindari sabun pembersih area kewanitaan yang mengandung bahan pewangi bahkan melakukan douching. Sebab melakukan dua hal tersebut mampu memengaruhi kadar pH alami Miss Cheerful dan membunuh bakteri baik yang seharusnya hidup di sana. Yang ada, ini justru memicu terjadinya keputihan dan infeksi Miss Cheerful lainnya. Duh!


    3. Gunakan Pakaian Dalam Berbahan Cotton

    Yes! This is the best option for you! Ketimbang menggunakan underwear berbahan nylon, pilihlah yang berbahan cotton. Bahan ini memiliki sirkulasi yang baik sehingga Miss Cheerful-mu tetap bisa “bernafas” dan tidak terlalu lembap serta dapat memicu terjadinya keputihan.


    4. Ganti Pembalut Secara Teratur



    Sama seperti poin nomor 1, salah satu cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan keputihan adalah dengan mengganti pembalutmu saat menstruasi secara teratur. Menggunakan pembalut dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan infeksi dan mengganggu bakteri baik yang ada di dalam Miss Cheerful kamu, girls! Hasilnya, keputihanmu bisa saja bertambah parah setelahnya.




    5. Dengan Bantuan Daun Sirih

    Tak ada salahnya mencoba sesuatu yang alami untuk mengobati keputihanmu! Salah satu tanaman alami yang telah lama dipercaya mengatasi keputihan adalah daun sirih. Daun sirih dikenal dengan kemampuannya membunuh jamur serta bakteri yang menjadi salah satu penyebab utama keputihan. Kamu bisa mengonsumsi daun sirih dengan cara merebus daunnya. Aau menggunakan air rebusan daun sirih tersebut sebagai air pencuci Miss Cheerful kamu. 


    6. Hindari Stres



    Relax, relax, and relax girls! Sebab salah satu penyebab keputihan adalah karena kamu dalam kondisi stres. Stres memicu banyak hal negatif bagi tubuh dan pikiranmu, salah satunya menyebabkan ketidak seimbangan hormon yang bisa membawamu pada keputihan. Jadi usahakan agar kamu menghindari stres ya! Stay positive and smile!


    7. Kunjungi Dokter

    Sudah melakukan 6 cara di atas, namun kondisi keputihanmu belum membaik? It’s time to call the doctor! Berkonsultasi kepada dokter akan membawamu pada penanganan masalah keputihan secara lebih tepat. Dokter akan membantu menganalisa penyebab keputihanmu, serta memberikan sejumlah treatment yang membantu mengatasinya. Terlebih bagi kamu yang telah mengalami masalah keputihan dalam jangka waktu yang lama dan mulai menimbulkan rasa perih ataupun sakit. Jangan ragu-ragu ya, girls untuk mengunjungi dokter!


    Images: Dok. Freepik.com, Giphy.com.