Better You

5 Resolusi Sederhana untuk Menjalani Tahun Baru yang Positif

  by: Kezia Calesta       9/1/2019
  • Apakah kamu malas membuat resolusi tahun baru yang ambisius? Tidak perlu membuat daftar panjang yang hanya akan kamu terlantarkan di bulan Februari. Let’s start with something small! Tidak berarti kamu tidak bisa memperbaiki diri dan menjalankan hidup yang lebih positif di tahun 2019, kan? Berikut adalah 5 resolusi sederhana yang dapat dipraktikkan agar kamu bisa menjalani tahun baru yang positif dengan lebih mudah.


    1. Bersyukur untuk hal-hal kecil.

    Kamu pasti menghadapi berbagai macam masalah tahun 2018 lalu, namun kamu juga mengalami berbagai momen bahagia yang memorable. Untuk tahun baru ini, coba simpan sebuah jurnal di mana kamu bisa mencatat hal-hal kecil yang menjadi moodbooster untukmu setiap hari. “Aktivitas ini akan menjaga perspektif hidupmu agar tetap positif, dan juga ingat akan hal-hal yang berarti untukmu,” ungkap health coach Ashley Pratt. Ingin meningkatkan kepercayaan dirimu? Setiap pagi, hadapi kaca dan katakan sesuatu yang positif kepada dirimu sendiri. “Kebiasaan ini akan membuat pikiran dan suara hatimu lebih suportif,” tambahnya.





    2. Keluar dari comfort zone.

    Di tahun yang baru ini, kamu bisa mencoba hal-hal baru untuk menciptakan kenangan spesial bagi dirimu sendiri. Ingat, perubahan diri dimulai dari menghadapi tantangan baru. Tak perlu langsung melakukan hal drastis, kok – Cosmo tidak menyarankan kamu untuk mencoba skydiving sekarang juga bila takut ketinggian! Let’s start here: bila kamu hampir tidak pernah berolahraga tahun lalu, mulailah dengan jogging atau mengikuti kelas yoga sebanyak satu kali dalam seminggu. Ajak saudara atau teman untuk menyemangatimu, lalu pergilah food-hunting bersama ke kafe unik baru di daerah tersebut. Change and new habits can be fun!




    3. Berhenti sejenak dan ambil waktu jeda.

    Sebuah kutipan dari Ferris Bueller: “Life moves pretty fast. If you don’t stop and look around once in a while, you could miss it.” Kamu membutuhkan waktu istirahat agar stres tidak cepat melanda. Menurut terapis Emily Cosgrove, waktu jeda yang kamu ambil dapat membantu menenangkan pikiran dan membuatmu berpikir lebih jernih. Saat beristirahat, minumlah segelas air putih, atur pernapasan, dan nikmati camilan lezat yang bisa membangkitkan semangat kerja. Apapun yang kamu lakukan, tinggalkan gadget agar kamu tidak distracted dengan chat yang baru masuk atau berbagai macam postingan di media sosial.






    4. Beraktivitas di luar ruangan.

    Nature does wonders. Selain mendapat udara segar, beraktivitas di luar ruangan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain berolahraga di gym, kamu bisa jogging di daerah perumahan atau mengajak binatang peliharaanmu keluar untuk jalan-jalan di taman! Bisa kan, meluangkan waktu untuk beraktivitas di luar? Lagipula, kamu membutuhkan sinar matahari untuk menyerap vitamin D yang sehat untuk kulit. Free skin treatment!




    5. Dengarkan insting dan suara hati.

    Resolusi orang lain yang sering kamu dengar? “Waktunya diet, kurangi makan!” Well, siapa bilang kamu harus menyamakan resolusi kamu dengan orang-orang lain? Daripada mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan tubuh, listen to your body. What does it need? Bila tubuhmu seringkali merasa tidak berenergi, biasakan diri untuk menyantap sarapan sehat yang cocok bagi kamu yang mudah lelah. Sering mengalami kesulitan tidur? Lakukan 5 perubahan kamar ini untuk mengatasi insomnia, atau nikmati 4 minuman ini yang dapat membantumu tidur dengan nyenyak. You do you.




    (Image: doc. Designed by Freepic.diller / freepik.com)