Lifestyle

5 Jenis Part-Time Job Yang Mesti Kamu Coba di Tahun 2019!

  by: Nadhifa Arundati       11/1/2019
  • Di Tahun 2019 ini kamu ingin berubah — dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat and also menghasilkan pendapatan, karena sudah banyak shopping list yang kamu cantumkan namun kondisi keuangan sedang tak bersahabat. Mungkin kalau kamu masih berstatus sebagai mahasiswa, part time job adalah pilihan yang tepat untuk kamu lakukan, malah bisa menambah soft skill kamu! Hmm... Kira-kira Jenis part-tim job apa yang perlu kamu coba di tahun 2019 ini? Well, let's find out!


    Freelance writer

    Pekerjaan yang dilakukan sebagai freelance writer bisa kamu lakukan di dalam rumah (atau di Kafe andalan) dan tentunya pekerjaan ini sangat menyenangkan – kamu tak hanya diharuskan untuk memiliki kemampuan menulis saja, tetapi kamu juga akan dapat banyak ilmu untuk menjadi bahan penulisan kamu. Well, mungkin selama ini kamu sering iseng menulis beberapa review di Blog, tetapi apa salahnya jika kemampuan kamu dalam menulis justru bisa menghasilkan uang? Plus, kamu sudah mengantongi banyak pengalaman dalam hal menulis. You should give it a try!




    Barista

    YES! Baris memang sedang hits, karena bisnis kedai kopi yang saat ini semakin marak – everybody loves coffee! Menjadi barista tak semudah yang kamu bayangkan, mungkin yang kamu lihat barista hanya membuat minuman (khususnya kopi) lalu memberikannya kepada customer – ada keterampilan lain yang mesti kamu miliki, salah satunya menjadi fast-learner, karena untuk membuat kopi kamu enggak bisa sembarangan, kamu harus menyediakan kopi yang paling terbaik




    Translator

    Kemampuan yang kamu harus miliki: bahasa asing! Mungkin kamu sangat unggul dalam menggunakan bahasa Inggris (atau mungkin bahasa Korea?!), well you have a chance gurl! Beberapa tempat tentu sangat membutuhkan translator, untuk menjelskan kepada para tamu asing. Hmm... Tetapi kamu harus ingat, menjadi translator juga perlu memiliki kemampuan public speaking yang baik, agar apa yang kamu sampaikan dapat mudah dimengerti. Percuma kalau kamu enggak percaya diri berbicara di depan orang banyak kalau kamu ingin menjadi translator.


    Fotografer

    Banyak yang bilang, “Menjadi fotografer itu mudah, cukup punya kamera saja!” Whoops, hold on darl – kalau kamu hanya asal menjepret, belum tentu kamu pantas dikatakan sebagai seorang fotografer, cause again and again, kamu harus memiliki keterampilan khusus. Maybe you can’t afford photography school, namun ada banyak peluang lain agar kamu bisa menguasai ilmu fotografi. Coba deh untuk lebih sering mengunjungi workshop, dengan demikian kamu sudah punya bekal yang lumayan cukup untuk menjadikan fotografi sebagai part time job.


    Pet Sitter

    Sooo much fun kalau kamu memilih pet sitter sebagai side-job! Banyak hal yang bisa dipelajari jika kamu menjadi pet sitter – yes, mengenal perbedaan karakter dari setiap jenis hewan peliharaan. Enggak repot kok kalau kamu sudah tahu bagaimana cara menanganinya, semua pasti akan terasa mudah, apalagi kalau kamu sudah terlanjur jatuh hati dengan binatang peliharaan yang kamu urus – rasanya ingin dibawa pulang!

    (Image: Doc. Outnow.ch)