Lifestyle

Deretan Wisata Yang Instagramable di Lembang!

  by: Nadhifa Arundati       14/1/2019
  • Ugh, sesi liburan telah berakhir. Eits, Tetapi tak ada salahnya jika kamu ingin membuat rencana short trip saat weekend. Yes! Tak perlu mencari tempat yang sulit, Lembang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memanjakan diri kamu. Selain udaranya yang sangat sejuk, kamu juga bisa menemukan banyak tempat wisata – and also untuk menambah feeds di akun Instagram (cause that’s what you want, right). Without any fuss, langsung saja simak deretan tempat wisata yang instagramable di Lembang!


    1. Orchid Forest Cikole

    Orchid Forest Cikole



    Image: Penulis

    Menikmati indahnya pohon pinus sambil berpetualang bisa kamu lakukan di Orchid Forest Cikole! Berlokasi di Lembang, Desa Cikole, Kabupaten Bandung Barat, Orchid Forest tak hanya sekadar hutan biasa, namun menyajikan banyak tempat menarik – kamu enggak bakal kehabisan spot untuk berfoto! Bayangkan, kamu bisa menikmati koleksi anggrek, wooden bridge, flying fox, rabbit forest (ada banyak kelinci yang super cute), dan camping ground.

    Untuk memasuki wilayah Orchid Forest, cukup membayar Rp 35.000,-/orang – Orchid Forest memiliki jalanan yang cukup menanjak, so you better use your sneakers ketimbang jenis sepatu wedges atau heels (big no). Cosmo sarankan untuk mengunjungi Orchid Forest di malam hari, karena akan ada deretan lampu yang indah di sepanjang jembatan kayu – bahkan ada beberapa lampu yang berbentuk hati! Plus, tempat ini memang sering dijadikan pre-wedding photoshoot, so romantic.


    Baca juga: 10 Sepatu Nyaman Pilihan Cosmo Untuk Jalan-Jalan


    2. Floating Market

    Floating Market Lembang

    Image: Penulis

    Kalau kamu memilih untuk berlibur bersama keluarga, kamu perlu memasukan Floating Market ke dalam list destinasi yang wajib dikunjungi – sebab tempat ini cocok untuk dinikmati segala usia (also your grandma will enjoy it). Berbeda dengan Orchid Forest, jalanan di Floating Market tak begitu menanjak, justru kamu bisa menikmati Wahana Permainan Air, Korean and Japan Area (bahkan kostumnya juga bisa disewakan, lho), Rainbow Garden, Kota Mini, Taman Kelinci, serta Miniatur Kereta Api – dari seluruh tempat wisata, Cosmo lebih memilih Rainbow Garden dan Kota Mini untuk berfoto-foto, karena suasananya bikin kamu merasa berada di Taman Keukenhof, Belanda!

    Well, untuk masuk ke kawasan Floating Market, kamu cukup membayar Rp 15.000,-/orang dan untuk saat weekend Rp20.000,-/orang – namun jika kamu ingin menikmati wahana di Floating Market, akan dikenakan biaya yang berbeda-beda, sesuai dengan wahana yang ingin kamu kunjungi, but still worth it. Oh! Tiket masuk juga dapat ditukarkan dengan minuman kok. Cukup memuaskan, ya!


    3. De’Ranch



    Hello Cowboy! Yes, mengunjungi De’Ranch sama halnya dengan mengunjungi markas para Cowboy – kamu bisa mengenakan kostum ala Cowboy sambil menunggang kuda, fearless! De’Ranch berlokasi di Jl Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang – awalnya tempat ini hanyalah peternakan biasa, namun karena suasananya yang cukup mendukung, De’Ranch kini menjadi sangat populer sebagai salah satu tempat wisata favorit di Lembang. Well, tak hanya menunggang kuda saja, kamu bisa melakukan kegiatan panahan, sooo Cowboy. Hmm... Tampanknya kamu sudah siap menjadi Cowboy sungguhan.

    Untuk memasuki De’Ranch harganya sangat terjangkau kok, kamu hanya perlu memberikan Rp 5.000,-/orang.


    4. Tebing Keraton



    Bagi kamu si pecinta alam, kamu pasti suka dengan pemandangan yang disuguhi oleh Tebing Keraton, berkawasan di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Desa Ciburial. Sudah banyak orang sih yang berkunjung ke tempat ini (kamu pasti sering melihat di Instagram), tetapi jika kamu berkunjung dan melihat suasananya secara langsung, kamu akan merasa kagum saat melihat panorama hutan dari ketinggian – mengunjungi Tembing Keraton sambil menikmati sunset? What a wonderful time!

    Kalau kamu hobi bersepeda, trek di Tebing Keraton juga sangat mendukung. Yang lebih menyenangkan, di Tebing Keraton juga disediakan camping ground, jadi kamu bisa semakin puas menikmati udara yang sejuk serta pemandangan alam yang indah, thanks to Mother of Nature!




    5. Farmhouse Lembang



    Farmhouse hanyalah peternakan hewan biasa, yang kemudian di tahun 2015 resmi menjadi tempat wisata di Lembang. Rumah peternakan yang berlokasi di Jl. Raya Lembang No. 108 ini bernuansa Eropa, sampai menyediakan kostum tradisi Eropa dan kamu hanya cukup memberikan Rp 25.000,-/orang untuk tiket masuk. Sambil belajar berternak, kamu bisa mendapatkan banyak stock foto yang keren untuk di unggah – ada banyak spot yang menarik, seperti Rumah Hobit dan Jembatan Cinta, it’s time to take a picture.


    Baca juga: 5 Coffee Shop di Bandung yang Bikin Betah untuk Nongkrong


    6. Gunung Tangkuban Perahu



    Waktu kecil, kamu pasti sering mendengar dongeng tentang Sangkuriang – konon katanya, bentuk gunung ini berasal dari kisah dongeng tersebut. Well, tetapi saat ini Cosmo bukan membahas tentang sejarah Tangkuban Perahu, melainkan tempat wisatanya yang menakjubkan untuk dipandang. Yes, gunung ini terkenal dengan beberapa kawah yang ada di sana yakni Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Tak hanya gunung dan kawah saja, kamu juga bisa melihat pemandangan pohon pinus serta kebun teh yang asri.

    Well, kalau kamu mau mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu, jangan lupa untuk menggunakan jaket yang tebal (namun tetap bisa terlihat kece) – pada malam hari suhunya bisa mencapai 2 derajat celsius. It’s a cold, cold night!


    Baca juga: 9 Kamera Mirrorless Yang Nyaman Dibawa Liburan


    7. Gunung Putri



    Jaraknya tak begitu jauh dari Gunung Tangkubang Perahu, yang berlokasi di Jayagiri, Lembang. Gunung Putri juga punya keunikan tersendiri, yakni terdapat benteng peninggalan Belanda sejak tahun 1913 saat perang dunia pertama, wow. Selain sejarahnya yang menarik, Gunung Putri memiliki view yang bakal bikin kamu jatuh cinta pada pandangan pertama. Sebenarnya, akan lebih menyenangkan kalau kamu berkemah di sana – sambil menikmati pemandangan serta melupakan urusan pekerjaan sejenak, good bye for a while, depression.


    8. Dago Bakery



    YASS, kapan lagi melihat bangunan kastil di daerah Lembang? Meski bangunan kastil bergaya Eropa ini bukan sungguhan, namun kamu bisa menikmati bentuk bangunan sambil menikmati pastry dan secangkir kopi, yummy! Tenang, harga makanannya sangat terjangkau kok, mulai dari Rp 25.000,- dan tak hanya pastry saja, di Dago Bakery juga terdapat sajian makanan lain seperti pasta, pizza, ayam geprek, dan lainnya – tentunya siap untuk memuaskan perut dan mata.

    (Image: Doc. Instagram)