Better You

Cara Membersihkan Telinga yang Benar dan Aman

  by: Redaksi       14/1/2019
  • Apakah kamu tipe orang yang seringkali menggunakan cotton buds untuk membersihkan telingamu? Eits, jika ya, kamu harus berhati-hati, nih! Karena telinga kita memiliki mekanisme sendiri untuk melakukan self-cleansing, tidak diperlukan alat bantu eksternal dengan frekuensi yang cukup sering untuk membersihkan lubang telinga kamu.

    Cosmo akan bantu beri kamu sejumlah cara yang mungkin kamu bisa lakukan untuk membersihkan kotoran di telingamu.




    1. Hindari penggunaan terapi ear candle

    Mungkin kamu berpikir melakukan ear candling adalah cara yang lebih baik dari pada penggunaan cotton buds untuk membersihkan telingamu. Walaupun terapi ini mengklaim kalau kehangatan yang timbul dari pembakaran lilin tersebut akan menyedot kotoran yang ada di lubang telinga, rupanya tidak begitu, lho.

    Dengan prosedur terapi yang memasukkan cone nya kedalam lubang telinga, ear candle bahkan akan mendorong kotoran telinga lebih dalam lagi.


    2. Hindari penggunaan cotton buds atau alat pembersih telinga lainnya

    membersihkan telinga dengan cotton buds


    Walaupun dijual luas di pasaran, sama halnya dengan ear candle, cotton buds juga berbahaya untuk telingamu. Cotton buds akan mendorong kotoran lebih dalam ke dalam lubang telinga sehingga dapat menyebabkan penumpukan kotoran itu tadi.


    Baca juga: 6 Cara Merawat Telinga dan Pendengaran Anda


    3. Gunakan obat atau minyak tetes telinga

    Nah, ini adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan kotoran di telingamu. Dengan menggunakan cairan tetes berbentuk minyak akan membantu mengikat kotoran. Tak hanya itu, pengeluaran kotoran telinga pun akan lebih mudah dengan sifat minyak yang licin. Apabila kamu kesulitan mencari produk minyak telinga, jangan khawatir, kamu juga bisa menggunakan baby oil.

    Oh ya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus mendiamkan minyak tersebut selama semalaman hingga dua hari ya, ladies!




    4. Keluarkan kotoran telinga

    Dua hari setelah meneteskan obat atau minyak, miringkan kepala dan teteskan air hangat ke dalam salah satu telinga. Kemudian, miringkan kepala ke arah yang berlawanan untuk mengeluarkan kotoran.


    5. Keringkan telinga

    Jangan lupa ya, setelah itu, kamu juga harus mengeringkan telingamu. Kelembapan akan membuat bakteri mudah masuk ke dalam telinga lebih mudah. Kamu bisa gunakan handuk untuk mengusap-usap telinga secara halus untuk menghindari resiko infeksi.


    Baca juga: 3 Alasan Penting Untuk Membersihkan Earphones Anda


    6. Ulangi proses beberapa kali

    Kamu juga perlu mengulang proses pembersihan menggunakan tetesan telinga tadi beberapa kali, ya, agar semua kotoran dapat dikeluarkan hingga bersih. Namun, apabila telingamu sedang mengalami infeksi, jangan lakukan metode ini dulu, karena minyak tetes tadi dapat semakin masuk ke dalam saluran telinga.


    7. Pergi ke dokter THT

    memeriksa telinga di dokter THT


    Jika metode ini tidak atau kurang berhasil untukmu, kamu bisa konsultasi ke dokter THT. Dokter THT akan memeriksa kesehatan telingamu terlebih dahulu, kemudian akan membersihkannya dengan bantuan alat sedot khusus atau biasa dikenal sebagai metode irigasi telinga. Biaya yang diperlukan untuk service pembersihan telinga ini sekitaran Rp. 100.000,- hingga Rp. 250.000,-.



    (Thalita Cahyani / Image: Doc. Shao-Chun Wang©123RF.com, Supak Katedee©123RF.com, Weerapat Kiatdumrong©123RF.com)