Lifestyle

Ini Dia 5 Kegiatan Yang Perlu Dilakukan Saat Masih Kuliah

  by: Nadhifa Arundati       16/1/2019
  • Berstatus sebagai mahasiswa itu banyak manfaatnya – uang jajan masih ditanggung orang tua dan kamu juga masih punya banyak waktu untuk hangout bareng teman -  hanya satu kekurangannya, tak jauh dari tugas yang menumpuk, ugh! Well, tetapi saat ini Cosmo akan membahas tentang hal positif yang bisa kamu lakukan saat masih berkuliah. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, khususnya untuk menambah skill – percayalah, menjadi mahasiswa unggulan di kampus tak akan menjamin segalanya. Daripada kamu terlalu banyak menghabiskan waktu luang dengan streaming drama Korea, lebih baik lakukan kegiatan yang lebih bermanfaat saat masih kuliah, simak!


    via GIPHY



    Menjadi relawan

    Akhir-akhir ini kamu merasa terlalu mementingkan hidup kamu sendiri – tak ada salahnya kok kalau kamu ingin menjadi relawan bencana, animal rescue, atau bantuan lain yang dapat kamu lakukan. Mungkin kamu berpikir, “Menjadi relawan pasti akan memakan banyak waktu!” No, not at all. Semua bergantung pada diri kamu sendiri, kalau kamu memang memiliki niat untuk membantu sesama makhluk hidup, pasti bisa membagi waktu. Akan ada banyak pelajaran hidup yang kamu dapatkan!


    Part-time job

    Hmm... Sepertinya kebutuhan hidup kamu semakin bertambah – apalagi kalau sudah melihat produk fashion dan kecantikan, such an impulsive buyer! Oh no, tetapi uang jajan kamu sepertinya tak akan cukup untuk memenuhi keinginan. Well, solusi yang bisa kamu lakukan: mencari pekerjaan sampingan atau part-time job. Saat ini banyak sekali peluang untuk bekerja sampingan, seperti menjadi barista dalam sebuah kafe (yes, barista memang sedang hits saat ini). Tetapi kalau kamu memiliki ketertarikan lain, kamu bisa melakukan pekerjaan seperti social media handler, freelance writer, fotografer, graphic designer, dan beberapa pekerjaan lain sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Mungkin kamu masih kurang percaya diri untuk terjun ke dunia pekerjaan, tetapi dengan melakukan perkerjaan sampingan justru akan menambah kemampuan kamu dalam menghadapi berbagai masalah dan mencari solusi. Hal ini belum tentu kamu dapatkan lho di kampus *finding a part-time job via online*.




    Mengikuti organisasi di kampus

    Ada banyak organisasi kampus yang aktif melakukan berbagai kegiatan, salah satunya seperti menggelar acara pentas seni. Well, tak ada salahnya kalau kamu bergabung dalam organisasi kampus. Mungkin kamu bakal dijuluki sebagai ‘kura-kura’ karena hanya melakukan kesibukan seperti: kuliah dan rapat. Tak masalah, justru kamu akan menjadi salah satu orang yang berjasa di kampus, dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Selama ini mungkin kampus kamu hanya menggelar acara yang itu-itu saja, nah sekarang saatnya untuk melontarkan ide kreatif kamu – buatlah acara yang menarik di Kampus!


    Bergabung di komunitas yang kamu minati

    Kunci untuk menambah pertemanan adalah bergabung di komunitas sesuai yang kamu inginkan. Kamu harus mulai keluar dari zona nyaman – bergabung di komunitas lari juga menarik lho, selain sehat kamu jadi memiliki rutinitas hidup yang baru (you’re gonna be a morning person). Kalau kamu cuma mengandalkan lingkungan di dalam kampus, maka hidup kamu hanya akan stuck di satu lingkungan. Hmm... Mengikuti komunitas pertunjukkan teater juga menarik, siapa tahu kamu malah akan menemukan passion di kegiatan tersebut. Just try!


    Ikuti berbagai lomba!

    Penting untuk diikuti! Eits, tetapi maksud Cosmo di sini bukan hanya lomba mewarnai seperti saat masih kecil, ya – banyak lomba-lomba menarik yang bisa mahasiswa ikuti. Misalnya: lomba puisi, menulis cerita pendek, dance cover, public speaking, dan berbagai lomba lain yang bisa kamu ikuti sesuai dengan kemampuan. Ladies, kapan terakhir kali kamu mendapatkan apresiasi kejuaraan? Well, mungkin sekarang saatnya untuk kembali mencari suatu hal yang bisa kamu banggakan.

    (Image: Doc. Outnow.ch, GIPHY.com)